Komitmen Erick Thohir Komersialisasi Pelabuhan Benoa untuk Produk UMKM

Komitmen Erick Thohir Komersialisasi Pelabuhan Benoa untuk Produk UMKM - inilah.com
Menteri BUMN Erick Thohir bersama pelaku UMKM. instagram.com/erickthohir

Menteri BUMN Erick Thohir berkomitmen memberikan komersialisasi pelabuhan Benoa, Bali, untuk produk-produk lokal. Erick ingin produk lokal berjaya di negeri sendiri.

“Saya sudah proyeksikan, jika pengembangan pelabuhan Benoa oleh Pelindo III selesai, maka saya akan mengalokasikan 100 persen arena komersial di pelabuhan Benoa untuk menampung produk dan hasil karya para pengusaha lokal untuk mempromosikan dan menjual produk mereka,” kata Erick Thohir, Senin (20/9/2021).

Kebijakan tersebut merupakan bagian dari transformasi BUMN. Kementerian BUMN dibawah kepemimpinan Erick ingin perusahaan plat merah hadir untuk UMKM.

Adapun fokus dukungan yang bisa diberikan BUMN kepada UMKM meliputi pendanaan, akses pasar, dan logistik.

Baca juga  Polres Bojonegoro Telisik Aduan Terhadap Orang Tua Ayu Ting Ting

“Kita benahi infrastruktur, seperti pembangunan jalon tol karena ongkos logistik di Indonesia mahal. Bisa 26 persen, sementara negara Asia Tenggara lainnya dibawah 15 persen,” ujar Erick.

“Jika logistik mahal, maka nilai kompetitifnya mahal. Soal pendanaan, BUMN punya holding ultra mikro yang terdiri dari BRI, Pegadaian, dan Penanaman Modal Madani yang bisa memfasilitasi pinjaman Rp1 juta hingga Rp4 juta dengan bunga murah,” tambah Erick Thohir.

Untuk meningkatkan keterlibatan UMKM, Kementerian BUMN telah mempunyai platform PaDi (Pasar Digital) UMKM. PaDi UMKM kini menampung hampir 10 ribu UMKM menjadi marketplace yang bisa diakses BUMN untuk memenuhi kebutuhan melalui UMKM.

Baca juga  Sebanyak 28 Ribu Lebih Data Personel Polri Bocor dan Bebas Diperjualbelikan

“Dengan akses PaDi UMKM ini semua pihak bergotong royong antara BUMN, swasta, UMKM, dan sektor bisnis lainnya agar semua yang terlibat diuntungkan. Bersama PaDI, para UMKM itu langsung terintegrasi dengan OSS (One Stop Service) Kementerian Investasi dan kemudahan mendapat sertifikasi dari Kementerian Perindustrian,” papar Erick.

Sebelumnya Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Boy Robyanto mengatakan pengembangan Pelabuhan Benoa, Bali, dalam konsep Bali Maritime Tourism Hub (BMTH) akan rampung pada pertengahan tahun 2023.

Tinggalkan Komentar