Senin, 30 Januari 2023
08 Rajab 1444

Komnas HAM Bakal Datangi Kantor FIFA di Swiss

Rabu, 02 Nov 2022 - 21:55 WIB
Komnas HAM Bakal Datangi Kantor FIFA di Swiss
Laporan Akhir Komnas HAM soal Tragedi Kanjuruhan (Foto: Inilah.com/Harris Muda)

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menjadwalkan mendatangi kantor FIFA di Zurich, Swiss dalam waktu dekat.

Kunjungan itu dilakukan setelah permintaan keterangan Komnas HAM ke FIFA seputar tragedi Kanjuruhan beberapa waktu lalu tak ditanggapi federasi sepak bola dunia itu.

“Kami akan komunikasi lagi dengan FIFA dan minta waktu di mabesnya di Zurich. Kebetulan kami bertiga akan berangkat ke Jenewa dan di sela-sela kunjungan kami akan mencoba meminta waktu ke FIFA,” kata Komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsara dalam konferensi persnya, Rabu (2/11/2022).

“Untuk menjelaskan temuan-temuan yang ada dan rekomendasi langsung ke FIFA. Besok sore kami ke Jenewa untuk UPR dan berupaya komunikasi. Jadi bukan kunjungan khusus ya (soal kanjuruhan),” sambungnya menjelaskan.

Baca juga
Berburu Investasi Hingga ke Swiss, Menko Airlangga Temui Bos Coca-Cola

Komnas HAM sebelumnya sudah bersurat ke FIFA untuk melengkapi laporan investigasi terkait tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 135 orang.”Namun, hingga laporan ini selesai disusun tidak ada respons dari FIFA,” sebutnya.

Oleh sebab itu, meski laporan final sudah selesai dan disampaikan ke publik, Komnas HAM akan tetap meminta penjelas FIFA soal regulasi keamanan dan pengamanan pertandingan sepak bola demi memaksimalkan evaluasi tata kelola sepak bola Indonesia ke depannya.

Tinggalkan Komentar