Sabtu, 13 Agustus 2022
15 Muharram 1444

Kompetisi Basket Asia Bakal Mentas di Istora, Catat Tanggal Mainnya

Senin, 27 Jun 2022 - 11:43 WIB
Kompetisi Basket Asia Bakal Mentas di Istora, Catat Tanggal Mainnya
Timnas Basket Indonesia Tergabung dalam Grup A FIBA Asia Cup 2022

Istora Senayan bakal jadi magnet pecinta basket nasional saat gelaran kompetisi basket se-Asia, FIBA Asia Cup 2022 digelar 12-24 Juli mendatang.

Sebagai tuan rumah, target tinggi dipasang untuk timnas Basket Indonesia menorehkan prestasi di rumah sendiri. Selain itu, Timnas Basket Indonesia juga bakal menjadikan FIBA Asia Cup sebagai batu loncatan untuk bisa masuk ke FIBA World Cup 2023.

Ketua Panitia Pelaksana FIBA Asia Cup 2022, Junas Miradiarsyah, dalam pertemuan di Kantor Kemenpora, Kamis (23/6/2022) lalu mengungkapkan, semua aspek dari penyelenggaraan hingga infrastruktur, sudah sangat siap untuk menggelar FIBA Asia Cup 2022.

Sebelum 12 Juli, akan ada kualifikasi World Cup (1 dan 4 Juli). Istora Senayan akan kedatangan Saudi Arabia dan Jordania.

“Direncanakan hadir di Indonesia tanggal 27 sehingga di tanggal itu pun kita secara persiapan sudah seperti yang direncanakan. Penyelenggaraan tanggal 1 sampai 4 itu merupakan bagian dari tes event untuk menyempurnakan hingga 12 nanti lebih siap,” ungkapnya optimis.

Baca juga
Menpora Diklaim Sukses Bawa Basket Raih Emas, Sepak Bola 31 Tahun Nggak Pernah Juara

Saat ini, Derrick Michael Xzavierro dan kawan-kawan mendapat hasil positif di tengah lawatannya ke Australia untuk ajang uji coba.

Dari 8 game melawan tim divisi 1 basket Australia yang telah dilakoni, tim Indonesia berhasil memenangkan 5 pertandingan dan kalah 3 game.

Hasil cukup positif ini menjaga tren permainan tim basket usai berhasil merebut medali emas SEA Games kemarin. Targetnya, Timnas Basket Indonesia bisa lolos ke FIBA World Cup.

“Jadi FIBA Asia ini perjalanan untuk ajang berikutnya, yakni FIBA World Cup dan itu akan jadi sejarah, karena untuk pertama kali dalam sejarah kita menjadi tuan rumah,” tegasnya.

Dalam rangkaian FIBA Asia Cup, ada juga trophy tour menuju negara-negara peserta. Saat ini sudah bergerak dari Lebanon menuju Syria, Saudi Arabia, Jepang dan Filipina sebelum ke Indonesia.

Setibanya di Indonesia, trofi tersebut dibawa keliling tempat wisata di Jakarta. “Kita menerima dari Filipina, 5 Juli itu sudah sampai di Indonesia, Jakarta,” kata Junas.

Baca juga
Punya Corak Arsiran Lombok, Ini Jersey Timnas Basket Indonesia di Piala Asia FIBA 2022

Disamping itu, pada tanggal 10 Juli akan ada Parade Dribble 2022 yang rencanannya akan dibawa oleh anak-anak komunitas pencinta basket.

Kegiatan ini dilakukan saat Car Free Day dengan titik pertama di Thamrin 10. Lalu keluar ke Jalan Thamrin di CFD, mengarah ke Gedung Sapta Pesona dan Monas.

Junas memastikan kegiatan FIBA Asia Cup 2022 akan menerapkan protokol kesehatan. Panitia berkordinasi dengan pihak terkait.

“Kemudian untuk penyelenggaraan, sudah kita pastikan mendapat (izin) untuk 75% dari kapasitas Istora,” imbuh Junas.

Untuk pecinta basket yang ingin menonton langsung pebasket top asia berlaga, penyelenggara FIBA Asia Cup Indonesia 2022 secara resmi meluncurkan tiket kepada masyarakat umum mulai Kamis, 7 April 2022.

Pecinta basket dapat mengakses laman https://www.fiba.basketball/asiacup/2022 untuk membeli tiket. Tiket tersedia dalam dua kategori, yakni General Admission dan Kategori 1.

Harga tiket fase grup sampai semifinal untuk kategori General Admission dibanderol Rp230.000, sementara Kategori 1 Rp460.000. Adapun untuk partai final, harga tiket General Admission sebesar Rp575.000 dan Kategori 1 Rp1.150.000. Seluruh 36 pertandingan FIBA Asia Cup 2022 akan berlangsung di Istora, Senayan, Jakarta pada 12 sampai 24 Juli 2022.

Baca juga
Yuta Watanabe Tunjukkan Kelasnya sebagai Pemain NBA di FIBA Asia Cup

Pertandingan pertama fase grup dimulai pukul 11.00 WIB antara China Taipei dan Bahrain. Juara bertahan FIBA Asia Cup, Australia, akan bertanding pada game berikutnya pukul 15.00 WIB melawan Yordania. Tuan rumah Indonesia memainkan pertandingan pertama mereka di FIBA Asia Cup pada pukul 17.30 WIB melawan Arab Saudi.

Pertandingan terakhir hari pembuka menyuguhkan persaingan klasik antara China dan Korea pada pukul 20.00 WIB.

Tinggalkan Komentar