Minggu, 14 Agustus 2022
16 Muharram 1444

Berhadiah Rp500 Juta, Kompetisi Ikan Cupang Terbesar di Indonesia Siap Digelar

Senin, 10 Jan 2022 - 19:16 WIB
Penulis : Ibnu Naufal
Betta Festival - inilah.com
Betta Fish

Kompetisi betta fish terbesar di Indonesia akan segera digelar. Bertajuk CAF Betta Festival, kompetisi ini akan mengonteskan ribuan ikan cupang dan memamerkan lebih dari 4.200 ekor ikan hias.

Event Director of CAF Betta Festival Zaenal Somantri mengatakan acara ini digelar di Trans Studio Mall, Bandung dan akan dihadiri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno.

“Acara ini kami gagas bersama dewan dan komunitas penggiat cupang Indonesia bekerja sama dengan para pelaku usaha kecil,” kata dia dalam siaran persnya, Senin (10/1).

Dia menambahkan peserta acara ini diikuti oleh seluruh komponen pemangku kepentingan cupang di seluruh Indonesia.

“CAF Betta Festival juga menawarkan hadiah yang cukup fantastis dengan nilai total sebesar Rp 500 juta,” tambah Zaenal.

Baca juga
Sejumlah Ulama dan Pemuda Islam Jawa Timur Deklarasikan Sandiaga Uno jadi Capres 2024

Menurut Zaenal, kompetisi ini akan dinilai dewan juri dengan jumlah terbanyak se-Indonesia yaitu 11 Juri SNI dan 11 Juri IBC (total 22 juri yang semuanya bersertifikasi).

Program acara yang digelar selama empat hari ini terbagi menjadi beberapa segmen. Juara umum SNI Grand Champion IBC akan mendapatkan hadiah senilai Rp 25 juta. Lalu satu unit Yamaha NMAX untuk Kategori Best of Show IBC.

Ada dua unit Yamaha LEXY untuk kategori Best of Optional IBC dan Best of Form (Reguler). Satu unit Yamaha MIO M3 untuk Kategori Best of Form (Baby).

“Total hadiah 161 juta rupiah untuk Kategori Best of Division. Dan total hadiah 70 juta rupiah untuk Grand Champion SNI,” terang Zaenal.

Baca juga
Kunjungi Google di Singapura, Sandiaga Berencana Lanjutkan Kolaborasi

Soal pembagian kategori terdiri dari dua kelas yaitu International Betta Congress (IBC) dan Standar Nasional Indonesia (SNI), dengan total kelas cupang yang dikompetisikan sebanyak 173 kelas untuk IBC dan SNI.

CAF Betta Festival yang mengambil tema Pride of Local Culture melibatkan para pengusaha, UMKM dan pembudi daya dalam satu forum kegiatan yang benar-benar konkret, terukur, meningkatkan ekonomi para pelaku usaha di bidang ikan hias melalui booth-booth pameran.

Acara ini tidak hanya melulu mengenai kompetisi Betta Fish saja, melainkan juga Betta Fish Auction (lelang ikan cupang), Betta Fish Coaching Class, Talkshow, Habit Culture serta Festival Kuliner yang menghadirkan aneka booth Cemilan Nusantara.

Baca juga
Sejumlah Ulama dan Pemuda Islam Jawa Timur Deklarasikan Sandiaga Uno jadi Capres 2024

“Melalui kegiatan CAF Betta Festival bisa menyumbang kontribusi lebih besar lagi dari potensi yang sudah ada saat ini,” kata CEO CAF Group Yanuar Anugrah.

Tinggalkan Komentar