Jumat, 07 Oktober 2022
11 Rabi'ul Awwal 1444

Kompetisi Surfing Rip Curl Padang Padang Kembali Digelar Tahun Ini

Rabu, 27 Jul 2022 - 00:00 WIB
Surfing Rip Curl
(foto: ripcurl.com)

World Surf League (WSL) dan Rip Curl mengumumkan bahwa kompetisi surfing Rip Curl Cup Padang Padang kembali digelar pada 2022 ini di Kabupaten Badung, Bali, setelah dua tahun absen akibat pandemi COVID-19.

“WSL sangat bersemangat untuk menyambut Rip Curl Cup Padang Padang tahun ini di Indonesia. Kami sangat senang bisa bekerja sama dengan Rip Curl dalam kegiatan spesial ini di tahun 2022,” ujar Manager WSL Asia Pasifik Ty Sorati dalam keterangannya yang dikutip Selasa (26/7/2022).

Ia mengatakan, Rip Curl Cup Padang Padang tahun ini hanya akan berlangsung pada momen ombak terbaik selama kompetisi berlangsung yang akan menguji kemampuan para peserta.

Nantinya, sebanyak 16 orang tube riders profesional yang diundang akan bersiap selama Agustus untuk menghadapi momen ombak dan gelombang yang spektakuler tersebut datang.

“Mereka akan menunjukkan kepada penonton selancar di seluruh dunia bagaimana mereka bisa menguasai ombak di kawasan Padang-Padang Bali,” kata Ty Sorati.

Baca juga
Demi Pariwisata, Bali dan Jateng Genjot Vaksinasi

Selama pelaksanaan, Event Manager Rip Curl Indonesia Ribut Wahyudi bersama Direktur Kontes Rip Curl Indonesia James Hendy akan terus siap siaga mengamati, membaca situasi, dan menganalisa semua kemungkinan yang ada untuk dapat memberi sinyal Rip Curl Cup untuk ‘ON’ ketika kondisi ombak Padang-Padang yang sempurna terjadi.

Direktur Kontes James Hendy mengungkapkan bahwa bisa menyaksikan para tube riders terbaik dunia berhadapan dengan talenta terbaik Indonesia di Bali setelah dua tahun absen adalah sesuatu yang telah diimpikan banyak orang.

“Kami berterima kasih kepada komunitas selancar lokal dan pemerintah daerah yang telah mengizinkan kegiatan ini berlanjut. Kami berharap semuanya bisa datang di acara pembukaan kegiatan ini di Pantai Padang Padang pada hari Minggu, 31 Juli mendatang,” ucapnya.

Surfing Rip Curl

Kompetisi Rip Curl Cup Trials tahun ini juga mengalami perubahan yang signifikan dalam proses seleksi delapan orang peserta lokal yang akan masuk ke 16 besar pada main event.

Pada tahun-tahun sebelumnya, empat orang finalis teratas dari Trials dan empat teratas dari main event tahun lalu tergabung dalam delapan pemain internasional yang akan menuju babak final, tetapi tahun ini membawa perubahan evolusioner pada formasi Trials.

Baca juga
Sandiaga Uno: Tiga Maskapai Asing Akan Terbang ke Bali pada Maret 2022

Setiap peselancar akan berkompetisi sebanyak dua kali, dengan dua ombak terbaik dihitung untuk keseluruhan skor (20 dari 20 sebagai kemungkinan untuk mendapatkan skor tertinggi).

Kemudian delapan orang peselancar terbaik dengan total skor tertinggi akan masuk ke event utama, peselancar dengan total nilai gabungan tertinggi akan menjadi Juara Rip Curl Cup Padang-Padang Trials 2022.

Di antara para peselancar terbaik dunia, telah dipastikan bahwa Taina Angel Izquierdo akan ikut serta mewakili Indonesia sebagai satu-satunya kompetitor wanita pada heat draw kompetisi Trials tahun ini.

Surfing Rip Curl

Masa tunggu untuk Rip Curl Cup 2022 berlangsung selama satu bulan penuh, dari tanggal 1-31 Agustus, selama puncak musim gelombang utama Indonesia yang akan memberikan kesempatan tertinggi untuk mencetak green barrel yang terkenal di dunia dengan ‘Balinese Pipeline’.

Baca juga
Tangani Sampah, Bali Gandeng Pihak Masyarakat Desa, Sekolah hingga Pengusaha

Rip Curl Cup Padang Padang 2022 juga akan disiarkan secara langsung ke seluruh dunia di ripcurl.com. Para penggemar dapat mengunjungi situs tersebut untuk memeriksa status kontes secara real-time dan mengakses video kegiatan dari Bali.

Tinggalkan Komentar