Senin, 08 Agustus 2022
10 Muharram 1444

Kompolnas Apresiasi Peningkatan Unit PPA ke Direktorat

Senin, 03 Jan 2022 - 08:35 WIB
Penulis : Anton Hartono
Poengky - inilah.com
Komisioner Kompolnas Poengky Indarti

Komisioner Kompolnas Poengky Indarti mengapresiasi Langkah Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo soal peningkatan status Unit Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA) ke Direktorat PPA.

“Peningkatan dari unit menjadi direktorat ini sangat dibutuhkan, mengingat jumlah kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak-anak semakin meningkat,” katanya.

Menurutnya dengan peningkatan status itu dinilai akan lebih meningkatkan pelayanan dan perlindungan pada perempuan dan anak-anak terkait upaya penegakkan hukum.

Dan ini juga sesuai dengan rekomendasi Kompolnas kepada Kapolri.

Sebelumnya Listyo Sigit berencana menaikkan status PPA menjadi Direktorat di tingkat Mabes Polri atau polda mengingat tingginya kasus kejahatan terhadap perempuan dan anak di Indonesia.

Baca juga
Ada Kesalahan Fatal Kapolri Sejak Awal Penanganan Kasus Kematian Brigadir J

Dinaikkannya status Unit PPA menjadi Direktorat PPA ini merupakan bagian dari program transformasi organisasi Polri yang dijanjikan oleh Kapolri dalam ‘fit and proper test’ tahun lalu.

Sigit menjelaskan, pengembangan Direktorat PPA tersebut, nantinya penanganan perkara terkait perempuan dan anak dilayani oleh petugas yang mayoristas Polisi wanita (Polwan).

Selain itu, Direktorat PPA Polri nantinya juga disediakan layanan pendampingan psikologis guna mengembalikan suasana psikologi dari korban yang terdampak kekerasan.

Tinggalkan Komentar