Rabu, 01 Februari 2023
10 Rajab 1444

Kompolnas Dinilai Lemah Mengawasi Pengusutan Kematian Brigpol J

Selasa, 19 Jul 2022 - 18:07 WIB
Whatsapp Image 2022 07 15 At 3.23.29 Pm(1) - inilah.com
Ilustrasi Kadiv Propam Polri nonaktif, Ferdy Sambo (kanan) dan Brigpol J, Foto: Inilah.com

Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) dinilai lemah dalam mengawasi pengusutan kematian Brigadir Polisi (Brigpol) J atau Nopryansyah Yoshua Hutabarat. Hal ini seiring penanganan kasus kematian Brigpol J yang terkesan dilempar-lempar.

“Kompolnas ngapain aja? Polda (Polda Metro Jaya) malah mengambil alih kasus ini dan diam aja. Ini kasus bolak-balik ke Polres. Jadi pengawasannya itu gimana, lemah,” kata anggota tim kuasa hukum keluarga almarhum Brigpol J,  Johnson Panjaitan kepada Inilah.com, Selasa (19/7/2022).

Johnson menilai hal semacam itu berdampak kepada merosotnya legitimasi dan kewibawaan Polri. Ia menyebut, tim kuasa hukum belum menerima pemberitahuan soal penanganan kasus Brigpol J oleh Polda Metro Jaya.

Baca juga
Pantau Sidang Ferdy Sambo Cs, KY Terjunkan Dua Tim

“Kami belum terima pemberitahuan. Itu dia menjadi persoalan mendasar, ini aneh dan makin mengundang pertanyaan. Awalnya hanya level Polres Jaksel, nah sekarang malah naik menjadi penyidikan ke Polda Metro Jaya,” terang Johnson.

“Tidak jelas jadi penanganan kasusnya oleh siapa. Ini mempertaruhkan kewibawaan institusi Polri,” tegas Johnson.

Menurut keterangan polisi, Brigpol J tewas dalam baku tembak di rumah Irjen Pol Ferdy Sambo saat masih berstatus Kadiv Propam Polri aktif. Baku tembak terjadi di rumah dinas Irjen Pol Ferdy Sambo, Kompleks Polri, Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan, Jumat (8/7/2022).

Namun, insiden berdarah itu baru terkuak ke publik pada Senin (11/7/2022).  Brigadir J meregang nyawa tertembus peluru setelah melecehkan dan menodongkan senjata ke istri Ferdy Sambo, Putri Chandrawati. Brigpol J tewas oleh peluru yang keluar dari pistol Bhayangkara Dua (Bharada) E, ajudan Irjen Ferdy Sambo.

Baca juga
Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi Disidang Bersama Hari Ini, Lanjutkan Pemeriksaan Saksi

Namun, seiring dengan itu, berbagai spekulasi mengemuka menyangkut baku tembak yang menewaskan Brigpol J.

Tinggalkan Komentar