Rabu, 30 November 2022
06 Jumadil Awwal 1444

Kompolnas Ungkap Polri Setuju Autopsi Ulang Jenazah Brigadir J

Rabu, 20 Jul 2022 - 21:09 WIB
0718 055329 F55f Inilah.com  - inilah.com
Brigadir J (kanan) semasa hidup saat berpose dengan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri Irjen Pol Ferdy Sambo. Foto: istimewa

Polri menyetujui permintaan autopsi ulang jenazah Brigadir Polisi J atau Nopryansyah Yoshua Hutabarat. Hal itu terungkap dari Ketua Harian Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Benny Mamoto yang menyatakan tengah mengatur jadwal pelaksanaan autopsi ulang.

“Tindak lanjutnya adalah, karena tadi pihak pengacara minta untuk ada ekshumasi gali kubur dan autopsi ulang. Maka akan segera dijadwalkan dan ekshumasi akan segera dilaksanakan,” kata Benny Mamoto usai menghadiri gelar perkara bersama kuasa hukum keluarga Brigadir J di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Rabu (20/7/2022).

Benny menjelaskan, sejumlah tim forensik khusus di luar institusi Polri bakal dilibatkan dalam autopsi ulang. Tujuannya untuk memastikan pelaksanaannya objektif. “Jadi nanti tim akan melibatkan forensik independen. Tidak hanya dari Polri, tetapi juga independen. Inilah, bentuk tranparansi yang dilakukan,” tegas Benny.

Baca juga
Besok, AKBP Jerry Siagian Jalani Sidang Etik

Sebelumnya, anggota tim kuasa hukum keluarga almarhum Brigadir J Kamaruddin Simanjuntak mendesak Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo agar menggelar autopsi ulang.

“Kami memohon kepada yang terhormat bapak Kapolri, menyetujui atau memerintahkan penyidik untuk membentuk tim. Jadi visum lagi dan diautopsi lagi,” kata Kamaruddin.

Menurut dia, hal itu krusial lantaran keterangan Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Pemnas) Brigjen Ahmad Ramadhan berbeda dengan temuan fakta yang dikumpulkan pihak keluarga.

“Mengapa perlu? Karena penjelasan Karo Penmas Polri meninggalnya almarhum ini karena tembak menembak. Tapi temuan fakta kami bukan tembak- menembak,” jelas Kamaruddin.

Versi Polisi

Menurut polisi, Brigadir J tewas dalam baku tembak di di rumah dinas Kadiv Propam Polri, Irjen Pol Ferdy Sambo, Jumat sore (8/7/2022). Pemicunya, Brigadir J melecehkan dan menodongkan senjata ke istri Ferdy Sambo, Putri Chandrawathi. Pelecehan dan penodongan itu berujung baku tembak antara Brigadir J dengan Bhayangkara Dua (Bharada) E, ajudan Irjen Ferdy Sambo. Brigadir J tewas tertembus peluru dari pistol Bharada E. Insiden berdarah ini baru terkuak ke publik pada Senin (11/7/2022).

Baca juga
Meski Tolak Menembak, Ricky Rizal Tak Hentikan Niat Jahat Ferdy Sambo Bunuh Brigadir J

Spekulasi pun bermunculan. Salah satunya menyangkut pemicu kematian Brigadir J. Sebab, banyak luka tak wajar ditemukan pada tubuh Brigadir J.

Tinggalkan Komentar