Jumat, 01 Juli 2022
02 Dzul Hijjah 1443

Kongres Advokat Indonesia Usulkan Adnan Buyung Nasution jadi Pahlawan Nasional

Selasa, 31 Mei 2022 - 22:46 WIB
Penulis : Fadly Zikry
Advokat - inilah.com
Rakernas Kongres Advokat Indonesia

Ribuan advokat Peserta Rakernas Kongres Advokat Indonesia (KAI) 2022 sepakat mengusulkan dan merekomendasikan almarhum Adnan Buyung Nasution sebagai pahlawan nasional. “Kami mengusung dan mengusulkan kepada pemerintah dan segenap stakeholder terkait, agar nama Adnan Buyung Nasution jadi pahlawan nasional,” kata Wakil Presiden KAI Adv. Dr. TM Luthfi Yazid, Selasa (31/5/2022).

Luthfi menjelaskan sosok Adnan Buyung Nasution sangat layak menerima predikat pahlawan nasional karena kiprahnya dalam penegakan hukum di tanah air. “Semasa hidupnya Bang Buyung sangat peduli pada gerakan pro bono dan legal aid atau bantuan hukum cuma-cuma bagi mereka yang tidak mampu,” jelas Luthfi.

Selain kerap membela masyarakat kurang mampu, Adnan Buyung juga sering membantu masyarakat yang tidak memiliki kekuasaan dan masyarakat yang diperlakukan tidak adil oleh hukum. “Gerakan-gerakan Bang Buyunglah yang banyak memunculkan LBH sejak tahun 70-an hingga sekarang ini,” ujarnya.

Baca juga
Gagas e-Lawyer, Presiden KAI Dapat Gelar Bapak Advokat Modern

Luthfi mengenang sosok Adnan Buyung adalah pribadi yang kritis dan idealis. Ia turut berperan kritis di tiga masa pemerintahan mulai dari Orde Lama, Orde baru, hingga demokrasi. “Selain tokoh hukum yang senior, bisa dikatakan top kantor hukum di Indonesia pasti ada sentuhan Bang Buyung di dalamnya, Bang Buyung layak mendapat penghargaan sebagai pahlawan nasional karena kiprahnya mengharumkan nama bangsa di kancah dunia,” terang Luthfi.

“Luthfi menegaskan mau tidak mau, suka tidak suka, kita harus akui peran besar Adnan Buyung di sektor hukum dalam negeri, utamanya di dunia advokat. Saya bersama dengan Kongres Advokat Indonesia mengajak rekan-rekan advokat se-tanah air untuk bersama-sama mengusulkan ke pemerintah agar dalam waktu dekat nama Adnan Buyung Nasution dapat ditetapkan sebagai pahlawan nasional,” tambah Luthfi.

Baca juga
Rakernas KAI Usung Konsep Organisasi Advokat dengan Satu Regulator

Sementara itu, Presiden Kongres Advokat Indonesia, Adv. Dr. Tjoetjoe Sandjaja Hernanto yang dikenal sebagai Bapak Advokat Modern Indonesia menilai Adnan Buyung adalah legenda dunia hukum. “Bang Buyung adalah legenda di dunia Advokat. Beliau adalah pejuang hukum yang selalu berpihak kepada kaum marjinal dan selalu berada di barisan terdepan berjuang melawan kezaliman penguasa,” katanya.

“Saya sebagai orang yang dilantik oleh Bang Buyung menjadi Persiden Kongres Advokat Indonesia di periode pertama merasa bangga dan akan berusaha secara maksimal untuk mewujudkan rekomendasi hasil Rakernas KAI 2022 yaitu menjadikan Prof. Dr. Adnan Buyung Nasution sebagai Pahlawan Nasional,” imbuhnya.

Baca juga
Gagas e-Lawyer, Presiden KAI Dapat Gelar Bapak Advokat Modern

Ketua Panitia Adv. Heru Notonegoro melanjutkan, diselenggarakannya rakernas KAI di Bali pada 31 Mei lalu merupakan bagian dari peran para advokat dalam menghidupkan kembali pariwisata Pulau Dewata setelah dua tahun terpukul pandemi.

Merespons hal itu, Gubernur Bali I Wayan Koster menyambut baik upaya pemulihan pariwisata Bali yang dilakukan KAI.

“Kongres Advokat Indonesia keren,” kata I Wayan Koster saat memberikan sambutan dan membuka acara.

Tinggalkan Komentar