Rabu, 29 Juni 2022
29 1444

Konser Musik di Lippo Plaza Jogja Ricuh, Penyelenggara Dijadikan Tersangka!

Rabu, 15 Jun 2022 - 07:33 WIB
Konser Musik di Lippo Plaza Jogja Ricuh, Penyelenggara Dijadikan Tersangka!
Konser Musik di Lippo Plaza Jogja Ricuh, Penyelenggara Dijadikan Tersangka!

Buntut konser musik di Lippo Plaza Jogja yang berakhir ricuh pada hari Minggu (12/6/2022), polisi menetapkan penyelenggara sebagai tersangka!

Expo Productions selaku penyelenggara konser tidak mengurus izin untuk acara yang digelar.”Karena kelalaian daripada penyelenggara karena tanpa izin resmi dari pihak kepolisian,” ujar Kapolsek Gondokusuman Kompol Surahman saat dihubungi, Selasa (14/6/2022).

Surahman mengatakan penyelenggara konser semestinya tetap mengajukan surat izin keramaian meskipun acara itu bersifat reguler.

Menurut dia, Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP) yang diklaim penyelenggara diberikan setiap bulan tidak cukup mewakili izin kegiatan konser yang dihadiri penonton dalam jumlah besar.

Baca juga
KPK Amankan Uang Rp1,7 Miliar Terkait OTT Bupati Musi Banyuasin

“Mengumpulkan massa lebih dari 500-1000 itu minimal itu ke polres. Kecuali kegiatan misalnya kaya unjuk rasa, cukup STTP,” ucap Surahman.

Karena peristiwa ricuh hingga mengakibatkan korban luka, menurut dia, polisi menjerat penyelenggara dengan Pasal 510 KUHP tentang mengadakan keramaian umum tanpa izin.”Kami limpahkan ke pengadilan. Kami kenakan tipiring (tindak pidana ringan),” ujar dia.

Selain menetapkan tersangka, menurut Surahman, kepolisian saat ini juga tengah mendalami keberadaan sejumlah provokator yang diduga sebagai pemicu bentrokan antarpenonton itu.

Bentrokan itu, mengakibatkan rusaknya sejumlah fasilitas milik mal dan delapan orang dilarikan ke IGD RS Siloam karena menderita luka ringan.

Baca juga
Polda Metro Jaya Limpahkan Berkas Kasus Jerinx ke Kejaksaan

“Sementara kami lakukan penyelidikan kaitannya dengan adanya provokator atau tidak, karena juga sampai saat ini belum ada laporan daripada pihak korban,” ujar dia.

Tinggalkan Komentar