Minggu, 04 Desember 2022
10 Jumadil Awwal 1444

Korut Bersiap Luncurkan Kapal Selam Baru yang Mampu Tembakkan Rudal Balistik

Kamis, 22 Sep 2022 - 17:28 WIB
Kapal Selam Rudal
Kapal selam model Romeo Class (thedrive.com)

Korea Utara kabarnya tengah bersiap meluncurkan kapal selam baru yang dipercaya mampu menembakkan rudal balistik.

Berdasarkan citra satelit dari 38 North, sebuah lembaga think-tank yang berbasis di AS, pada 18 September lalu, tampak enam tongkang dan kapal lain berkumpul di aula konstruksi dermaga.

“Meski tongkang dan dok darat terus terpantau di sekitar dermaga peluncuran kapal selam, yang berada di aula utama lokasi konstruksi, keberadaan enam tongkang dan kapal lain di area ini belum pernah tampak sebelumnya,” demikian pernyataan 38 North, seperti dilansir Reuters, Kamis (22/9/2022).

Lembaga itu juga menyimpulkan bahwa Korut kemungkinan sedang bersiap meluncurkan sebuah kapal selam.

Baca juga
Piala Dunia 2022: Mistar dan Tiang Gawang Bikin Uruguay Ditahan Korsel

Kabar ini muncul setelah Presiden AS Joe Biden menuduh Korut secara terang-terangan melanggar sanksi PBB. Tuduhan tersebut disampaikan saat Biden berpidato di Majelis Umum PBB pada Rabu (21/9/2022).

Di sisi lain, wacana Korut membangun kapal selam baru sempat terdengar pada 2016. Kala itu, sejumlah analis menemukan beberapa tanda yang menunjukkan Pyongyang kemungkinan sedang membuat satu kapal selam.

Sementara itu, media Korut pada 2019 menunjukkan pemimpin negara itu, Kim Jong-un sedang memantau kapal selam baru yang disinggung pada 2016.

Berdasarkan pemberitaan media Korut, Kim Jong-un memantau secara khusus pembangunan kapal tersebut. Kapal ini juga dikabarkan akan beroperasi di lepas pantai timur.

Baca juga
Pemilu Paruh Waktu AS: Persaingan Ketat untuk Rebut Mayoritas di DPR dan Senat

Saat itui, media Korut tidak mengungkapkan sistem persenjataan kapal selam tersebut, ataupun kapan dan di mana pemantauan tersebut berlangsung.

Meski demikian, beberapa analis berpendapat ukuran kapal selam baru ini didesain untuk membawa rudal.

Korut sendiri memiliki armada kapal selam yang besar, tetapi hanya satu kapal yang diketahui mampu membawa rudal balistik.

Para analis juga memperdebatkan apakah kapal selam baru ini merupakan model baru, atau dibuat berdasarkan model kapal selam kelas Romeo yang didapatkan Korut dari China pada 1970-an.

Di tengah kesimpangsiuran ini, Korut meluncurkan rudal balistik yang diluncurkan dari kapal selam pada Mei. Peluncuran itu dilakukan di dekat Sinpo.

Baca juga
Iran Tuding AS Hentikan Pembicaraan Perjanjian Nuklir 2015

Selain itu, hubungan Korut dengan Korea Selatan juga semakin panas dalam beberapa waktu terakhir. Korut terus menguji coba rudal mereka, membuat Korsel dan AS khawatir.

Tak hanya itu, upaya Korsel dan AS untuk membuat Korut sepakat melakukan denuklirisasi masih belum membuahkan hasil.

Tinggalkan Komentar