Korut Serem, Urusan Jaket Sampai Film Bisa Dihukum Mati

262272017 226262619508765 7055846274423535359 N - inilah.com
Pemimpin Tertinggi Korut Kim Jong Un

Korea Utara memang dikenal dengan aturan ketat dan mengerikan. Salah sedikit, hukuman menanti. Negeri berpenduduk 25 juta jiwa itu sangat tunduk pada aturan yang dibuat sang pemimpinya, Kim Jong Un.

Baru-baru ini, Korut mengeluarkan kebijakan melarang penggunaan jaket kulit bagi warga negaranya. Bahkan larangan ini sudah masuk dalam ranah hukum negara komunis tersebut.

Mau tahu alasannya? larangan ini diterapkan agar tak ada yang meniru gaya fashion Pemimpin Tertinggi Korea Utara, Kim Jong Un.

Polisi pun menyisir jalan-jalan untuk menyita jaket dari warga dan penjual baju. Hal ini mulai dilakukan setelah warga mulai meniru gaya Kim Jong Un.

Baca juga  Atta dan Aurel Kedinginan saat Tiba di Turki

Larangan ini keluar karena para penegak hukum khawatir maraknya penggunaan jaket kulit di masyarakat yang sebagian hanya menggunakan jaket tiruan justru merendahkan pemimpin mereka, Kim Jong Un.

Nonton Squid Game Dihukum Mati

Sejumlah siswa SMA asal Korea Utara dijatuhi hukuman setelah kepergok menonton serial populer Squid Game.

Menurut Radio Free Asia (RFA), seorang pria lebih dulu dijatuhi hukuman mati setelah menyelundupkan dan menjual drama Korea Squid Game lewat flashdisk. Hal itu terjadi setelah pihak berwenang menangkap tujuh siswa SMA yang menonton drama Korea Squid Game dengan cara tak biasa itu.

Baca juga  Korea Utara Kian Agresif Uji Rudal Balistik, Awal Tahun Sudah 4 Kali Tembakan

Pria itu membawa salinan drama Korea Squid Game ke Korea Utara setelah kembali dari Cina. Ia kemudian menjual flash disk berisi drama Korea Squid Game di Korea Utara.

Dari ketujuh siswa SMA, ada satu orang yang membeli flash disk dan mendapat hukuman seumur hidup. Sementara enam siswa SMA lainnya yang hanya menonton drama Korea Squid Game dijatuhi hukuman kerja paksa selama lima tahun.

Para guru dan administrator SMA pun terkena imbasnya. Mereka dipecat dari sekolah lalu diasingkan ke pedesaan Korea Utara untuk bekerja di tambang batu bara.

“Pemerintah menanggapi kejadian ini dengan sangat serius, mengatakan bahwa pendidikan para siswa terabaikan. Komite Sentral memberhentikan kepala sekolah, sekretaris, dan wali kelas mereka,” beber seorang sumber.

Baca juga  Kejaksaan Ingin All Out Sita Aset Jiwasraya, Yenti Wanti-Wanti Soal Hukuman Seumur Hidup

Pemerintah Korea Utara tak hanya melarang warganya menonton drama Korea Squid Game, tapi semua konten yang berasal dari mancanegara terutama Amerika Serikat dan Korea Selatan. Ada tingkat ekstrim berupa hukuman mati bagi warga yang menonton, menyimpan, dan menyebarkannya.

Tinggalkan Komentar