Sabtu, 25 Juni 2022
25 Dzul Qa'dah 1443

KPK Gembleng Kader Gerindra Soal Antikorupsi

Senin, 20 Jun 2022 - 11:52 WIB
Img 20200310 Wa0001 1583813317259(1) - inilah.com
KPK memberi pembekalan antikorupsi kepada 73 kader Gerindra. Foto: Antara

KPK kembali memberi pembekalan antikorupsi kepada pengurus parpol. Kali ini giliran puluhan kader Gerindra yang bakal digembleng soal antikorupsi.

Pelaksana tugas (Plt) Jubir KPK, Ipi Maryati Kuding menyebutkan, jumlah kader Gerindra yang bakal hadir sebanyak 73 orang, didampingi Sekjen Ahmad Muzani.

“Pembekalan dilakukan di Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi KPK, akan diselenggarakan pengarahan dan pembekalan antikorupsi bagi pengurus Partai Gerindra,” kata Ipi, di Jakarta, Senin (20/6/2022).

Ipi menyebutkan, Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata, bertindak sebagai pemateri dan memberi pembekalan terkait penguatan integritas, dan sistem integritas partai politik (parpol). Sedangkan pembahasan pembelajaran mandiri antikorupsi akan disampaikan oleh para pejabat pada bidang Kedeputian Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK.

Baca juga
KPK Segel Rumah dan Ruangan Kantor Penajam Paser Utara

KPK memberi pelatihan kepada parpol-parpol peserta Pemilu 2019 yang terdaftar di KPU, melalui program Politik Cerdas Berintegritas (PCB) Terpadu 2022. Pelatihan diberikan kepada parpol yang sekarang ini memiliki wakil di parlemen maupun nonparlemen.

Seluruh parpol tersebut yaitu PAN, Partai Beringin Karya (Berkarya), PBB, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Demokrat, Partai Gerindra, Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI).

Selanjutnya Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Nasional Demokrat (NasDem), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Tak ketinggalan pula Partai Aceh (PA), Partai Daerah Aceh (PD Aceh), Partai Nanggroe Aceh (PNA), dan Partai Suara Independen Rakyat Aceh (SIRA).

Baca juga
Bupati Hulu Sungai Utara Resmi jadi Tahanan KPK

Melalui program ini, KPK mendorong parpol untuk berkontribusi melalui gerakan antikorupsi di lingkungan parpol. Kegiatan yang digelar selama Mei-Agustus 2022 secara daring dan luring diharapkan bisa membangun budaya antikorupsi pada lingkungan parpol.

Tinggalkan Komentar