Jumat, 02 Desember 2022
08 Jumadil Awwal 1444

KPK Jamin Pengusutan Kasus Formula E Bebas Kepentingan

Selasa, 06 Sep 2022 - 18:50 WIB
Kemarahan Jokowi Ada Hubungan dengan Korupsi Pengadaan Barang
Ketua KPK Firli Bahuri

KPK menjamin penyelidikan kasus Formula E dilaksanakan secara profesional, tanpa ditunggangi kepentingan pihak tertentu. Agenda pemeriksaan terhadap Gubernur DKI Anies Baswedan pada Rabu (7/9/2022) dilaksanakan untuk membuat terang peristiwa atau memastikan ada atau tidaknya tindak pidana.

Menurut Ketua KPK Firli Bahuri, pemanggilan Anies selaku pihak yang diundang untuk memberi klarifikasi pada tahap pengumpulan alat bukti dan keterangan (pulbaket), dilakukan untuk membuat terang peristiwa, tanpa ada kepentingan lain. “Itulah kepentingan KPK untuk membuat suatu terangnya suatu peristiwa,” kata Firli, di halaman Gedung Merah Putih KPK, Selasa (6/9/2022).

Dia menegaskan, publik juga membutuhkan kepastian mengenai ada atau tidaknya tindak pidana korupsi dalam ajang internasional yang mendapat apresiasi dari masyarakat global itu. “Kita bekerja secara profesional,” tuturnya.

Baca juga
Andi Arief Klaim tak Ditanya KPK Soal Aliran Dana Musda Demokrat

Kedatangan Anies memberi klarifikasi dalam penyelidikan kasus Formula E diharapkan dapat meredam segala syak wasangka atau upaya politisasi ajang balap mobil listrik yang sudah terbukti sukses digelar di Ibu Kota itu. Setidaknya inovasi, gagasan, dan kebijakan melaksanakan ajang internasional yang dalam praktiknya membutuhkan kolaborasi pemerintah pusat dan daerah dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan mekanisme hukum Indonesia yang berkeadilan.

Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata menyebutkan, pemanggilan Anies dalam rangka klarifikasi terhadap perencanaan dan pelaksanaan Formula E. Secara implisit Alex mengakui penyelidik masih membangun konstruksi dalam kasus tersebut dengan mencari ada atau tidaknya alat bukti yang cukup dalam penerapan Pasal 2 maupun Pasal 3 UU Tipikor. Tak terkecuali mencari unsur suap atau gratifikasi dalam ajang bergengsi mobil listrik dunia itu

Baca juga
Tiket Nonton Formula E Ancol Laris Manis, Panpel Optimistis Sukses

“Kita anggap yang mengetahui dan relevan dengan kasus yang sekarang kita selidiki, tentu akan dimintai konfirmasi, misalnya Direktur Jakpro, kan penyelenggaranya Jakpro. Itu mereka lebih tahu bagaimana penyelenggaran kemarin, terkait dengan pembangunan, terkait dengan biaya-biaya yang dileluarkan,” kata Alex.

Secara terpisah, Gubernur Anies mengaku siap menghadiri panggilan KPK dan memberi klarifikasi terhadap kebijakan pelaksanaan Formula E. “Insya Allah saya akan datang dan membantu (agar) semua menjadi jelas,” kata Anies.

Tinggalkan Komentar