Senin, 23 Mei 2022
22 Syawal 1443

KPK Lelang Harta Koruptor Eks Pejabat Kemenkeu Senilai Rp3,4 Miliar

lelang harta koruptor - inilah.com
Gedung KPK - ist

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melelang harta milik pejabat Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Yaya Purnomo dan eks Direktur PT Hidayah Nur Wahana (HNW) Sutrisno yang tersandung kasus korupsi senilai Rp3,4 milyar.

“Tim jaksa eksekutor beberapa waktu lalu telah selesai melaksanakan lelang barang rampasan dari terpidana Yaya Purnomo dan kawan-kawan dan berhasil mengumpulkan total Rp3,4 miliar,” kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri, Senin (25/4/2022).

Ali menuturkan, uang hasil lelang didapat dari tanah milik Yaya di Jalan Dago Pakar Mawar III nomor 2B, Desa Mekarsaluyu, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung. Kemudian, lelang juga dilakukan sekaligus dengan 57 perabotan rumah tangga dan barang elektronik milik Yaya.

Baca juga
Intip Harta Bupati Banjarnegara Budi Sarwono, Tersangka Baru KPK

“Selain itu ada juga harta yang bersangkutan (Yaya) berupa satu unit rumah milik Yaya yang ada di Jalan Dago Pakar Mawar II nomor 11, Desa Mekarsaluyu, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung. Rumah itu dilelang beserta bangunan yang ada di dalamnya. Ini laku Rp2,8 miliar,” papar Ali.

Kemudian KPK juga melelang harta milik Sutrisno berbentuk sebidang tanah dan bangunan di Malang, Jawa Timur. Tanah dan bangunan milik Direktur Utama PT HNW itu dilelang dengan harga Rp566,98 juta.

Uang hasil lelang dari harta rampasan koruptor, sambung Ali, akan digunakan untuk mengembalikan kerugian negara dari tindak pidana korupsi.

Baca juga
Inilah Lima Politisi Muslim di Eropa-Amerika dari Wali Kota Hingga Menteri

“Optimalisasi aset recovery dari hasil lelang barang rampasan perkara korupsi ini diharapkan dapat memberikan kontribusi lebih untuk pemasukan kas negara,” pungkasnya. [fad]

Tinggalkan Komentar