Minggu, 27 November 2022
03 Jumadil Awwal 1444

KPK Panggil Lagi Lukas Enembe

Rabu, 21 Sep 2022 - 02:06 WIB
Penulis : Ivan Setyadhi
KPK Panggil Lagi Lukas Enembe
Ketua DPD PAN Subang Suherlan, ditetapkan sebagai tersangka korupsi oleh KPK. Penetapan tersangka diumumkan Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK, Karyoto, di Kantor KPK, Selasa (22/11/2022). (Foto: Arsip/Inilah.com/Agus Priatna)

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bakal melayangkan surat panggilan kedua kepada Gubernur Papua Lukas Enembe.

Panggilan ulang terhadap tersangka dugaan suap dan gratifikasi itu dilakukan lantaran Enembe tak memenuhi panggilan pemeriksaan KPK yang pertama dengan alasan sakit.

“Panggilan kedua, yang akan dilayangkan mungkin besok (Rabu, 21/9/2022) akan dilayangkan ke Papua, dan waktu datang di minggu berikutnya, Senin atau Selasa,” kata Deputi Penindakan KPK Karyoto kepada wartawan, Selasa (20/9/2022).

KPK menegaskan, pemanggilan kedua ini sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.

Soal kemungkinan Lukas Enembe kembali mangkir dan penyidik sulit menjempur Lukas dari kediamannya di Papua, Karyoto tak mau berandai-andai dan akan melakukan tindakan sesuai hukum yang berlaku.

Baca juga
Akui Tangkap Hakim Agung, KPK: Kami Sedih

“Pemanggilan adalah cara yang diatur dalam hukum acara pidana untuk menghadirkan tersangka, ada step-step-nya. Ada panggilan satu, panggilan dua, ada surat perintah membawa. Semuanya nanti akan tergantung dengan situasi kondisi, akan bisa berkembang,” ujarnya.

KPK diketahui sudah menetapkan Lukas Enembe sebagai tersangka pada 5 September 2022. Selain itu, KPK juga mencegah Lukas bepergian ke luar negeri dan rekeningnya dibekukan oleh PPATK.

Terbaru, PPATK menemukan aliran uang hingga Rp560 miliar dari Lukas Enembe untuk keperluan judi di Singapura.

Tinggalkan Komentar