Selasa, 28 Juni 2022
28 Dzul Qa'dah 1443

KPK Sita Uang dari Hasil Geledah Kantor Summarecon Agung

Selasa, 07 Jun 2022 - 15:36 WIB
Antarafoto Ott Mantan Walikota Yogyakarta 030622 Riv 6 - inilah.com
Petugas menunjukkan barang bukti saat konferensi pers terkait Operasi Tangkap Tangan (OTT) mantan Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (3/6/2022). Haryadi menerima suap dari bos Summarecon Agung Oon Nusihono. Foto: Antara

KPK mengamankan dokumen dan sejumlah uang hasil penggeledahan yang dilakukan di antor PT Summarecon Agung, Jakarta Timur, Senin (6/6/2022). Penggeledahan dilakukan terkait penanganan perkara suap pengurusan IMB yang membelit eks Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti dan Vice President Real Estate PT Summarecon Agung Oon Nusihono.

Plt Jubir KPK Ali Fikri menuturkan, penyidik masih menghitung jumlah uang yang disita. Sedangkan dokumen yang diamankan nantinya bakal dikonfirmasi kepada pihak-pihak terkait.

“Di lokasi ini, ditemukan dan diamankan berbagai bukti, di antaranya dokumen dan juga sejumlah uang yang jumlahnya saat ini belum bisa kami sampaikan, karena tentu masih akan terus dikonfirmasi kepada pihak-pihak, termasuk juga kepada para tersangka tentunya,” kata Ali, di Jakarta, Selasa (7/6/2022).

Baca juga
Bupati Bogor Ade Yasin Jadi Tersangka, Diborgol dan Langsung Ditahan

Selain di Jakarta, penyidik juga melakukan penggeledahan di sejumlah tempat di Yogyakarta. Termasuk ruang kerja Wali Kota.

“Beberapa tempat dimaksud antara lain adalah lokasi yang sesaat setelah dilakukan tangkap tangan oleh tim KPK langsung dilakukan pemasangan stiker segel KPK, di antaranya ruang kerja wali kota Yogyakarta,” jelasnya.

KPK menersangkakan Haryadi dan Oon dalam perkara suap pengurusan IMB Apartemen Royal Kedaton di Malioboro yang menyalahi prosedur. Selain keduanya, KPK juga menersangkakan Kadis Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Yogyakarta Nurwidhihartana, dan Triyanto Budi Yuwono.

Haryadi bersama dua orang anak buahnya diduga menerima suap sebesar US$27.258 dari Oon. Seluruh tersangka sebelumnya ditangkap penyidik KPK di Yogyakarta dan Jakarta pada Jumat (3/6/2022) yang lalu.

Tinggalkan Komentar