Jumat, 07 Oktober 2022
11 Rabi'ul Awwal 1444

KPK Tak Publikasi Harta Ferdy Sambo, Diduga Akibat Dipimpin Polisi

Kamis, 18 Agu 2022 - 21:54 WIB
Penulis : inilah
Editor : editorial inilah
0807 114226 E8da Inilah.com  - inilah.com
Mantan Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo. (Foto:Tribrata)

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hingga kini tak kunjung mempublikasi Laporan Harta Kekayaan Penyelenggaraan Negara (LHKPN) mantan Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo. Dalam pandangan Mantan Kepala Bidang Advokasi Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta, Nelson Nikodemus Simamora, terbuka dugaan hal ini akibat KPK juga dipimpin polisi sehingga tak menampilkan LHKPN Ferdy Sambo.

“Mungkin saja karena KPK dipimpin polisi. Jadi seperti ada jiwa korsa yang malah melindungi polisi lain di Polri,” kata Nelson, Kamis (18/8/2022).

Seperti diketahui, KPK saat ini dipimpin oleh Firli Bahuri, seorang purnawirawan perwira polisi berpangkat Komisaris Jenderal. Menurut Nelson, sejak awal, masyarakat sipil sudah menolak polisi memimpin KPK. Penolakan demi menghindari adanya potensi konflik kepentingan.

“Akibat seperti ini sudah diprediksi sejak awal,” sambung Nelson.

Baca juga
Tak Hanya di Pilpres, Kerja Sama KIB akan Berlanjut di Pilkada Serentak 2024

Seharusnya, ujar Nelson, KPK sejak awal terpilihnya Listyo Sigit sebagai Kapolri, mengumumkan siapa saja pejabat tinggi Polri yang belum lapor LHKPN. Selain itu, KPK juga harus bisa menelusuri data-data LHKPN dari para pejabat petinggi polri.

“Harus dicek. Jangan-jangan (pejabat polri) tidak ada yang lapor LHKPN,” tegas Nelson.

Harta Fantastis

Irjen Pol Ferdy Sambo saat ini menyandang tersangka kasus pembunuhan Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat. Ferdy disebut-sebut memiliki harta kekayaan fantastis. Hal ini tidak terlepas dari posisi jenderal bintang dua itu yang pernah memegang jabatan Kepala Satgassus Merah Putih. Pasalnya, Satgassus disebut hanya menaruh perhatian pada kasus-kasus “basah” seperti psikotropika, narkotika, tindak pidana pencucian uang, dan korupsi.

Baca juga
PM Swedia Siap Mundur Usai Partainya Kalah Pemilu

Terkini, muncul informasi tentang uang Rp900 miliar yang diamankan dari rumah mertua Ferdy Sambo di kawasan Bangka, Jakarta Selatan.

Selaku pejabat negara, Ferdy Sambo memiliki kewajiban untuk menyetor LHKPN kepada KPK. Hal ini mengacu Undang-Undang Nomor 28 tahun 1999. Berdasarkan pantauan Inilah.com, belum ada publikasi data yang dilakukan oleh KPK di laman e-LHKPN terkait data LHKPN Ferdy Sambo

Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara KPK, Ipi Maryati Kuding tidak memberikan tanggapan saat Inilah.com menanyakan melalui telepon maupun WhatsApp terkait sebab KPK tidak menampilkan LHKPN Irjen Pol Ferdy Sambo. Serupa dengan Ipi, Ketua KPK Firli Bahuri juga tidak merespon sama sekali tentang data LHKPN Ferdy Sambo.

Baca juga
Inilah Saham-saham Pilihan Kamis, 20 Januari 2022

 

Tinggalkan Komentar