Rabu, 17 Agustus 2022
19 Muharram 1444

Kristal Memori Superman Kini Jadi Nyata

Rabu, 17 Ags 2011 - 17:17 WIB
Penulis : Billy A. Banggawan

INILAH.COM, Jakarta – Ilmuwan berhasil menciptakan kristal memori serupa dalam film Superman. Layaknya dalam film, kristal ini mampu menyimpan memori penggunanya. Seperti apa?

Menggunakan sinar laser, peneliti berhasil mengubah kaca dan membuatnya mampu menyimpan memori seperti Clark Kent yang menyimpan memorinya di Fortress of Solitude. Kristal ini memiliki kapasitas jauh lebih banyak dibanding media penyimpan konvensional.

Menariknya, kristal ini mampu menahan suhu 982 derajat Celsius dan tahan selama ribuan tahun tanpa penurunan kualitas. Saat ini, pecahan kaca seukuran layar ponsel ini mampu menyimpan data hingga 50GB atau setara satu Blu-ray Disc.

Kepala penelitian Martynas Beresna dari Southampton University mengatakan, “Kami berhasil mengembangkan memori yang mampu menyimpan data dalam kaca dan tak akan rusak. Media ini akan menjadi bentuk paling stabil dan aman memori portabel."

Para peneliti kini sedang bekerjasama perusahaan Lithuanian untuk memasarkan kristal ini seperti dilaporkan Dailymail. [mor]