Sabtu, 01 Oktober 2022
05 Rabi'ul Awwal 1444

KSAD Diharap Tetap Konsisten Jaga Amanah Konstitusi

Jumat, 12 Agu 2022 - 13:05 WIB
Penulis : Anton Hartono
Muhammad AS Hikam

Tokoh politik Nahdlatul Ulama (NU) Muhammad A.S. Hikam menilai KSAD Jenderal Dudung Abdurachman mampu menempatkan dirinya sebagai prajurit TNI yang konsisten bergerak sesuai amanah konstitusi.

“Beliau secara konstitusional menempatkan dirinya sebagai pejabat TNI yang harus melindungi setiap warga negara dan Indonesia dari segala macam bentuk ancaman. Ancaman bisa bermacam-macam, bisa fisik, ada yang ideologis,” ujar AS Hikam, Jumat (12/8/2022).

Menurutnya jika ada pihak-pihak yang menuduh Dudung anti Islam dan islamophobia adalah aneh, karena jenderal bintang 4 itu dinilai kerap membela kepentingan umat Islam.

Mantan Menteri Negara Riset dan Teknologi era Presiden Gus Dur itu berharap Jenderal Dudung terus bersikap tegas dan konsisten menjaga amanah reformasi dan konstitusi.

Baca juga
NU Dukung Wacana Pencabutan PPKM Jelang Ramadan

“Itu kan memang konsisten ya apa yang dikehendaki reformasi bahwa TNI menjadi betul-betul tidak bercampur dengan politik praktis tetapi sebagai alat negara yang membela semua warga negara Indonesia dari segala macam ancaman, baik dari dalam maupun dari luar baik yang bersifat teritorial maupun ideologi,” katanya.

Tinggalkan Komentar