Senin, 06 Februari 2023
15 Rajab 1444

KSAL Lantik Laksamana Muda TNI Heru Kusmanto Jadi Pangkoarmada RI

Selasa, 27 Sep 2022 - 11:31 WIB
Penulis : Wiguna Taher
21b3b0c8 Cc3d 472c 9a31 66b30a6a8dea - inilah.com
KSAL Laksamana TNI Yudo Margono melantik Laksamana Muda TNI Heru Kusmannto sebagai Pangkoarmada RI, Selasa (27/9/2022). (Foto: Antara)
Jabatan Panglima Komando Armada Republik Indonesia (Pangkoarmada RI) diserahterimakan dari Laksamana Madya TNI Abdul Rasyid kepada Laksamana Muda TNI Heru Kusmanto. Serah terima jabatan ini dipimpin langsung Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono, di Lapangan Arafuru Koarmada I, Jakarta Pusat, Selasa (27/9/2022).
“Bahwa saya akan senantiasa menjunjung tinggi sumpah prajurit,” ucap Yudo Margono ketika memimpin sumpah yang diikuti oleh Heru Kusmanto.
Pada kesempatan itu, Yudo mengucapkan terimakasih kepada Laksamana Madya TNI Abdul Rasyid atas dedikasi sebagai Pangkoarmada sebelumnya. “Saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Laksma TNI Abdul Rasyid atas dedikasi dan pengabdian luar biasa selama menjabat Panglima Koarmada RI,” jelasnya.
Untuk pejabat yang baru Yudo berharap bisa mengemban amanah baru sebagai Pangkoarmada RI. “Jabatan baru yang diemban adalah bentuk apresiasi atas prestasi, dedikasi, kerja keras dan kemampuan yang dimiliki dengan harapan akan menjadi menjadi kontribusi lebih besar kepada organisasi. Sehingga kepercayaan tersebut harus dijawab dengan prestasi dan kinerja yang lebih baik,” kata Yudo.

Baca juga
Jenderal Andika Perkasa Panglima TNI, Laksamana Yudo: Kita Harus Loyal

Pada kesempatan itu, Yudo berpesan kepada seluruh jajaran untuk senantiasa mengamankan perairan Indonesia. Yudo menegaskan siap menindak negara lain yang memaksa masuk ke wilayah Indonesia.  “Saya menegaskan tekad kita bersama bahwa Armada Republik Indonesia selalu siap mengamankan kepentingan bangsa dan negara. Tidak boleh ada satupun negara di dunia ini yang memaksakan kehendaknya dan mengganggu kepentingan kita. Armada RI senantiasa siap menjamin kebebasan kita untuk berkehendak sebagai bangsa yang merdeka dan berdaulat,” kata Yudo.

Rangkaian kegiatan serah terima jabatan Pangkoarmada RI diawali dengan kegiatan Exit Briefing oleh Pangkoarmada RI lama pada Jumat (23/9/2022) lalu. Lebih lanjut, pada Senin (26/9/2022) dilaksanakan penyerahan memorandum dari pejabat lama kepada pejabat baru dan dilanjutkan dengan Admiral Inspection dengan menggunakan KAL Yudhistira di sekitar perairan Dermaga Koarmada I Pondok Dayung, Jakarta Utara.

Komando Armada Republik Indonesia TNI Angkatan Laut atau Koarmada RI TNI Angkatan Laut adalah Komando Utama Operasi di tingkat Mabes TNI yang berkedudukan langsung di bawah Panglima TNI dan sebagai Komando Utama Pembinaan di tingkat Mabesal yang berkedudukan langsung di bawah Kasal.
Dalam melaksanakan tugasnya sebagai Kotama Ops, Koarmada RI menyelenggarakan operasi pertahanan keamanan matra laut sesuai dengan kebijakan Panglima TNI dan sebagai Kotama Bin, Koarmada RI membina kesiapan operasional atas segenap jajaran komandonya yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Kasal.
Baca juga
Firli Bahuri Diminta Hadiri Acara Pelantikan Eks Pegawai KPK

 

Tinggalkan Komentar