Kualitas Udara di Jakarta Terus Membaik dari Tahun ke Tahun

Kualitas Udara Jakarta Semakin Baik - inilah.com
Kualitas Udara Jakarta Semakin Baik

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyebut kualitas udara Jakarta sejak 2012 hingga 2021 terus membaik secara signifikan.

Kepala Bidang Pengendalian Dampak Lingkungan pada Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Yusiono Anwar menyebut Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) DKI Jakarta sepanjang Januari-Desember 2021 tidak mengalami satu haripun kondisi sangat tidak sehat.

“Dalam pemantauan yang kami lakukan terhadap berbagai parameter dari bulan Januari sampai Desember 2021 ini dominasinya adalah di warna biru, yaitu kondisinya sedang. Artinya aman untuk melakukan aktivitas di luar ruangan,” kata Yusiono, dalam diskusi virtual “Balkoters Talks berjudul Tekan Emisi, Jakarta Bebas Polusi”, Kamis (30/12/2021).

Baca juga  Daftar Destinasi Favorit Malam Tahun Baru di Asia

Kondisi sedang ini masih lebih rendah dengan kualitas pencemaran udara pada 2020 dengan 244 hari pencemaran kategori sedang. 90 hari kategori tidak sehat, 29 hari kondisi baik. Ada tiga hari kondisi pencemaran sangat tidak sehat.

“Tapi trennya menurun dari tahun ke tahun untuk hari yang tidak sehat dan sangat tidak sehat. Terlebih pada 2021 untuk kategori tidak sehat sebanyak 151 hari dan sangat tidak sehat sepanjang 116 hari. Namun tanpa hari sangat tidak sehat,” katanya.

Untuk sumber pencemaran udara, dari enam parameter yang menjadi katalisator. Yakni sulfur dioksida (SO2), nitrogen oksida (NOx), karbon monoksida (CO), particular meter ukuran 10 mikron (PM10), particular meter ukuran 2,5 mikron (PM2,5) dan blackcarbon (BC). Lima di antaranya bersumber dari transportasi.

Baca juga  Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie Jalani Sidang Lanjutan Hari Ini

Sedangkan industri manufaktur menyebabkan pencemaran tertinggi pada sulfur dioksida.

Untuk perbaikan kualitas udara, didukung dengan terbitnya Perda 2 Tahun 2005 tentang Pengendalian Kualitas Udara. Pergub 12 Tahun 2016 tentang Hari Bebas Kendaraan Bermotor. Ingub 66 Tahun 2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara hingga Pergub 66 Tahun 2020 tentang Uji Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor.

Tinggalkan Komentar