Sabtu, 01 Oktober 2022
05 Rabi'ul Awwal 1444

Kuil Zojo-ji Tokyo Dipenuhi Pelayat Jelang Pemakaman Shinzo Abe

Selasa, 12 Jul 2022 - 13:04 WIB
Pelayat Abe
(ist)

Kuil Zojo-ji di Tokyo, tempat jenazah mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe disemayamkan, terus dibanjiri ratusan pelayat jelang proses pemakaman yang akan berlangsung pada Selasa (12/7/2022).

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida, Menteri Keuangan AS Janet Yellen, hingga Duta Besar AS untuk Jepang Rahm Emanuel berada di antara ratusan pelayat yang memberikan penghormatan terakhir kepada Abe pada Senin (11/7/2022).

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken juga langsung terbang ke Tokyo usai melakukan kunjungan ke sejumlah negara Asia Tenggara dan langsung melayat mewakili Presiden AS Joe Biden.

Sejumlah pejabat, politikus Jepang, sampai perwakilan kekaisaran Jepang pun turut melayat ke Kuil Zojo-ji.

Baca juga
Airlangga Dirongrong, Bahaya bagi Pemerintahan Jokowi

Saat rombongan jenazah tiba di kuil, terlihat istri Abe, Akie, tertunduk lemas sambil menangis di kursi depan mobil yang membawa jenazah sang suami di belakangnya.

Pelayat Abe

“Saya sangat sedih seorang perdana menteri yang telah mendedikasikan dirinya untuk Jepang tewas dengan cara seperti ini,” kata Naoya Okamoto, seorang pekerja konstruksi, seperti dikutip AFP.

Ia sengaja meluangkan waktu untuk melayat PM Jepang dengan masa jabatan terpanjang itu.

“Dia merupakan perdana menteri yang membuktikan kepada dunia Jepang adalah negara yang kuat sekali lagi,” papar Okamoto mengenang Abe.

Upacara tsuya, ritual mengantar kepergian jenazah, juga sudah dilangsungkan pada Senin. Doa-doa terus dilantukan di depan jenazah Abe. Keluarga dekat hingga tamu yang melayat juga terus menyalakan dupa yang tersedia sebagai bentuk rasa duka cita.

Baca juga
IHSG di Zona Netral, Ini Saran Masuk untuk Lima Saham

Pelayat Abe

Upacara pemakaman yang lebih besar diperkirakan akan berlangsung dalam beberapa hari ke depan di Tokyo dan kampung halaman Abe di Prefektur Yamaguchi.

Sehari setelah Abe meninggal, pelayat juga terus mengunjungi lokasi penembakan di Kota Nara untuk memberikan bunga dan doa.

Banyak warga mengantre di lokasi tersebut, beberapa di antaranya berurai air mata. Mereka datang untuk menunjukkan penghormatan, yakni dengan membungkuk dan memberikan bunga di meja yang terpasang di dekat Stasiun Yamato-Saidaiji.

Meja tersebut kemudian menjadi altar darurat yang dipenuhi dengan bingkai foto dan ilustrasi kartun sosok Abe. Kaleng bir dan minuman lain juga ditempatkan di altar tersebut untuk ‘dinikmati’ Abe di alam baka.

Tinggalkan Komentar