Sabtu, 20 Agustus 2022
22 Muharram 1444

Kunci Agar Tidak Wasir, Jangan Mengejan Saat BAB dan Konsumsi Serat Setiap Hari

Jumat, 03 Des 2021 - 06:45 WIB
Wasir - inilah.com
istimewa

Wasir adalah pembengkakan pembuluh darah di bagian bawah rektum (ujung usus) dan anus.

Terkadang, dinding pembuluh darah ini meregang sangat tipis sehingga pembuluh darah menonjol dan teriritasi, terutama saat buang air besar.  Wasir disebut juga ambeien.

Dokter spesialis bedah dari Universitas Udayana, dr. Heru Sutanto K, SpB menyarankan kepada masyarakat agar tidak mengejan saat buang air besar (BAB) agar tidak wasir tak muncul yang bisa ditandai keluarnya benjolan di anus.

Mengejan biasanya dilakukan seseorang saat mengeluarkan feses atau kotoran yang keras.

Agar ini tak terjadi, Heru menyarankan masyarakat untuk melakukan gaya hidup sehat termasuk konsumsi makanan mengandung serat, mengurangi daging merah.

Baca juga
Dadang, Potret Pengemudi Ojol Berjuang untuk Sambung Napas Anak

“Jangan mengejan, kuncinya (agar tidak kena wasir),” kata dr. Heru Sutanto K, SpB ditulis di Jakarta, Jumat, (03/12/2021).

Masih menurutnya, ketika seseorang mengkonsumsi serat, tekstur feses jadi tidak keras.

“Kalau kita makan serat, sayuran tidak tercerna masuk ke usus besar berusaha mengimbangi efek penyerapan air oleh usus besar sehingga konsistensi feses lembek tidak keras,” paparnya.

Selain itu, berusahalah mencukupi kebutuhan air minum harian yang juga bermanfaat demi mencegah terkena dehidrasi.

Menerapkan gaya hidup sehat lain seperti rutin berolahraga 30 menit sehari minimal 5 kali per minggu, mengurangi duduk, menghindari kondisi obesitas juga berperan membantu Anda agar tidak terkena wasir.

Tinggalkan Komentar