Kunjungi Grand Mosque Paris, Syafruddin Dihadiahi Al-Qur’an Terjemahan Bahasa Prancis

Syafruddin - inilah.com
(istimewa)

Wakil Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) yang juga Ketua Yayasan Indonesia Damai Mengaji, Komjen Pol (Purn) DR (HC) H Syafruddin M.Si melakukan kunjungan resmi ke Grand Mosque Paris, Prancis, Senin (27/12/2021).

Syafruddin dan rombongan diterima Mufti Grand Mosque Paris, Syekh Khalid yang didampingi dua Imam besar, Syekh Abdellah dan Syekh Sofyane.

Masjid agung ini didirikan setelah Perang Dunia I sebagai tanda terima kasih Prancis kepada tirailleurs Muslim dari koloni yang turut berperang melawan pasukan Jerman.

Syafruddin dan rombongan lalu melaksanakan Shalat Asar berjemaah di masjid yang diresmikan Presiden Gaston Doumergue pada 15 Juli 1926 silam.

Baca juga  Ratusan Ribu Anak Jadi Korban Pelecehan Seksual Pendeta di Prancis dalam 70 Tahun Terakhir

Agenda kunjungan berlanjut dengan ziarah ke makam pendiri masjid, tur halaman masjid, serta menyerahkan Mushaf Al-Qur’an dari Yayasan Indonesia Damai Mengaji. Sementara rombongan menerima Mushaf Al-Qur’an terjemahan dalam Bahasa Prancis dari Mufti Grand Mosque.

Syafruddin pun terkesan dengan sambutan hangat dari tuan rumah.

“Saya atas nama umat Indonesia melalui Dewan Masjid Indonesia diterima dengan baik. Menyampaikan salam hangat dari umat Islam di Indonesia untuk umat Islam di Prancis. Semoga hubungan ukhuwah islamiyah antara Indonesia dan Prancis bisa terjaga. Bukan hanya untuk umat Islam, tetapi sesama kedua bangsa besar,” ujar Mantan Wakapolri dan Menpan-RB tersebut.

Baca juga  Operasi Pasar dan Sosialisasi Menjadi Cara Bea Cukai Beri Pemahaman Akan Rokok Ilegal

Pria kelahiran 12 April 1961 itu pun berpesan khusus untuk warga Indonesia di Prancis.

“Sebagai masyarakat yang minoritas tentunya harus pandai membawa diri dan menjaga toleransi antarumat beragama. Terutama umat Islam yang membawa ajaran rahmatan lil alamin,” tutup Syafruddin.

Tinggalkan Komentar