Kurangi Polusi Udara Beracun, India Tutup 5 Pembangkit Batu Bara

Polusi Parah India - inilah.com
Polusi Udara Parah India

Pemerintah India akhirnya menutup sementara lima pembangkit listrik tenaga batu bara pada Rabu (17/11/2021). Penutupan ini terjadi setelah semakin banyak anak-anak yang dirawat di rumah sakit karena polusi udara yang memburuk di New Delhi.

Laporan Reuters pada Rabu (17/11/2021), sinar matahari pagi yang cerah bahkan tak mampu menembus kabut asap. Ikon kota Dehli yang berjarak beberapa ratus meter juga hampir tak terlihat saking tebalnya asap polusi di kota berpenduduk 20 juta itu.

Rumah sakit juga mengalami peningkatan tajam dalam jumlah anak dengan keluhan pernapasan.

Awal pekan kemarin, India terpaksa menutup sekolah karena polusi udara yang parah menyelimuti kota.”Kelas virtual akan terus berlanjut, sehingga anak-anak tidak perlu keluar dan menghirup udara yang tercemar,” kata Kepala Menteri Ibu Kota Nasional Wilayah New Delhi, India Arvind Kejriwal, pada Sabtu (13/11/2021).

Baca juga  Hasil Riset: 72 Persen Generasi Z dan Milenial Ingin Punya Bisnis Sendiri

Kejriwal juga mengatakan bahwa kantor-kantor pemerintah Delhi akan beroperasi di bawah aturan bekerja dari rumah selama seminggu dan kantor-kantor swasta telah disarankan untuk melakukan hal yang sama jika memungkinkan. Kegiatan konstruksi di kota akan dilarang antara tanggal 14-17 November.

Hampir setiap hari, Indeks Kualitas Udara (AQI) tetap di atas 451 pada skala 500, menunjukkan kondisi “sangat buruk” dan “parah” yang memengaruhi bahkan untuk orang sehat sekalipun.

Mahkamah Agung India telah mengecam pemerintah atas kegagalannya untuk mengurangi polusi udara bagi penduduk.

Pengadilan tinggi India juga meminta Komisi Manajemen Kualitas Udara, sebuah panel di bawah Kementerian Lingkungan Hidup, Hutan dan Perubahan Iklim federal, untuk mengambil langkah-langkah untuk mengurangi polusi.

Baca juga  Respon Jokowi dan Anies soal Vonis Pencemaran Udara

 

Tinggalkan Komentar