Sabtu, 02 Juli 2022
03 Dzul Hijjah 1443

La Nina Ancam Sektor Pertanian dan Pasokan Ikan

Jumat, 29 Okt 2021 - 19:02 WIB
Penulis : Anton Hartono
La Nina Ancam Sektor Pertanian dan Pasokan Ikan - inilah.com
foto istimewa

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta pemerintah agar mewaspadai munculnya badai La Nina yang dinilai bakal mengancam sektor pertanian di Indonesia.

Bahkan tak hanya pertanian, La Nina juga mengancam pasokan ikan yang dikhawatirkan akan berkurang karena para nelayan dipastikan tak bisa melaut. Hal ini disampaikan oleh Kepala BMKG Dwikorita Karnawati.

“Mengancam ketahanan pangan karena berpotensi merusak tanaman akibat banjir, hama dan penyakit tanaman. Serta juga mengurangi kualitas produk karena tingginya kadar air,” katanya.

Diketahui, La Nina adalah seuatu kondisi mendinginnya suhu muka laut di Samudra Pasifik bagian tengah dan timur. Kondisi itu mengakibatkan sirkulasi udara global sehingga udara menjadi lembab yang mengalir menuju Indonesia.

Baca juga
Sebagian Wilayah Jakarta Diprakirakan Hujan pada Jumat

“Kondisi ini bisa meningkatnya curah hujan di sebagian wilayah Indonesia,” jelasnya.

Karena itu BMKG mengeluarkan peringatan dini terkait ancaman datangnya La Nina yang diprediksi terjadi akhir tahun 2021 ini. Bahkan kondisi itu bisa saja terjadi hingga Februari 2022 dengan intensitas lemah dan sedang.

La Nina juga pernah terjadi di Indonesia pada November-Desember 2020 lalu di beberapa wilayah seperti Sumatra bagian selatan, Jawa, Bali hingga NTT, Kalimantan bagian selatan dan Sulawesi bagian selatan.

Sedangkan untuk tahun 2021 ini BMKG memperkirakan terjadi di wilayah Aceh bagian timur, Riau bagian tenggara, Jambi bagian barat, Sumatera Selatan bagian tenggara, Bangka Belitung, Banten bagian barat, Jawa Barat bagian tengah, Jawa Tengah bagian barat dan tengah, sebagian D.I. Yogyakarta dan sebagian kecil Jawa Timur, Kalimantan Tengah bagian timur, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara.

Tinggalkan Komentar