Senin, 30 Januari 2023
08 Rajab 1444

Lagi, Bea Cukai Antarkan Ekspor 2 Komoditas Lokal Ini

Selasa, 15 Nov 2022 - 18:46 WIB
Penulis : Anton Hartono
bea cukai inilah.com
(foto Bea Cukai)

Memacu ekonomi dalam negeri, Bea Cukai melalui fungsi industrial assistance terus mendampingi dan mengasistensi para pelaku usaha untuk mengembangkan kualitas produknya.

Hal ini dilakukan Bea Cukai untuk menciptakan pruduk lokal yang mampu bersaing di pasar insternasional. Hasilnya, pada awal November ini Bea Cukai kembali mengantarkan dua produk lokal masing-masing dari Parepare dan Malang.

Di wilayah Sulawesi Barat, Bea Cukai Parepare kembali berhasil melayani dan mengantar ekspor komoditas cangkang sawit sebanyak 5.525.670 MT milik PT Jambi Semesta Biomassa. Ekspor kali ini dilakukan di Pelabuhan Belang-Belang menggunakan kapal pengangkut MV Green Future menuju Jepang.

Baca juga
Bea Cukai Langsa Amankan 1,5 Juta Batang Rokok Ilegal di Aceh Tamiang

Menaggapi ekspor tersebut, Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, Hatta Wardhana mengatakan bahwa ekspor cangkang sawit menjadi peluang emas yang dapat dioptimalkan pengelolaannya oleh seluruh pelaku usaha di Sulawesi Barat, karena ini dapat berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Sementara di Malang, dalam upaya pengembangan dan pemberdayaan UMKM berorientasi ekspor Bea Cukai Malang berkolaborasi dengan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) UMKM Pemerintah Kota Batu melaksanakan pelepasan ekspor sebanyak satu kontainer keripik Momchips milik PT Arjuna Citra Indonesia ke Malaysia, Sabtu (5/11).

Ekspor perdana ini dilepas secara langsung oleh Walikota Batu, Dewanti Rumpoko. “Dengan adanya ekspor perdana ini menunjukan bahwa UMKM Kota Batu memiliki potensi yang besar untuk berkembang nemembus pasar internasional,” ujarnya dalam sambutan yang diberikan.

Baca juga
Bea Cukai Kenalkan Seluk Beluk Kepabeanan ke Pelajar dan Mahasiswa

“Harapannya melalui kegiatan pelepasan ekspor di Parepare dan Malang ini turut memberikan inspirasi bagi pelaku usaha dan UMKM lain agar dapat berkembang dan dapat segera merealisasikan ekspornya,” pungkas Hatta.

Tinggalkan Komentar