Minggu, 29 Januari 2023
07 Rajab 1444

Lagi, Tentara Israel Bunuh Seorang Pemuda Palestina di Tepi Barat

Kamis, 12 Jan 2023 - 20:40 WIB
Penulis : Ajat M Fajar
Lagi, Tentara Israel Bunuh Seorang Pemuda Palestina di Tepi Barat
Pasukan militer Israel sedang menembaki sejumlah warga Palestina - (Foto: Antara)

Seorang pemuda Palestina tewas akibat luka tembak oleh tentara Israel di wilayah pendudukan Tepi Barat pada Rabu (11/1). Pemuda ini merupakan orang kelima yang tewas usai dibunuh oleh tentara Israel di Tepi Barat sejak awal tahun 2023.

Menurut, Kementerian Kesehatan Palestina, Ahmad Abu Jneid mengalami luka serius pada Rabu (11/1/2023) pagi setelah ditembak di bagian kepala oleh pasukan Israel selama penyerbuan militer di kamp pengungsi Balata di Kota Nablus.

“Pria berusia 21 tahun itu akhirnya tewas akibat luka tembak yang dideritanya,” menurut pernyataan Kemenkes Palestina.

Saksi mata mengungkapkan bahwa pasukan Israel mengepung salah satu rumah di dalam kamp tersebut saat terjadi bentrokan antara pasukan Israel dan warga setempat.

Baca juga
DPR Nilai Bentrokan di PT GNI Akibat Pemerintah Menganakemaskan TKA

Militer Israel kerap melakukan penangkapan di seluruh wilayah Tepi Barat dan Yerusalem Timur dengan dalih mencari ‘buronan’ warga Palestina.

Sebelumnya, tentara Israel kabarnya membunuh dua warga Palestina dalam serangan militer di Tepi Barat. Bahkan tentara Israel menghancurkan rumah dua orang yang mereka bunuh pada Senin (2/1/2023).

Mengutip dari AFP, Kementerian Kesehatan Palestina mengatakan dua warga yang tewas adalah Mohammad Samer Hoshieh (22) dan Fuad Mohammad Abed (25). Keduanya tewas usai ditembak tentara Israel.

Menurut laporan Hoshieh tewas usai mengalami luka akibat tembakan yang bersarang di bagian dadanya. Sedangkan Abed tewas usai mengalami luka akibat peluru yang bersang di perut dan pahanya.

Baca juga
4 Eksekutor Penembak Istri Anggota TNI di Semarang Mulai Diadili

Militer Israel mengklaim aksi penembakan itu mereka lakukan karena kedua orang tersebut memasuki Desa Kafr Dan di Jenin, lokasi penembakan seseorang militer Israel. Lokasi tersebut berada dekat dengan Persimpangan Gilboa (Jalame). Militer Israel yang tewas tersebut adalah Mayor Bar Falah. Dia tewas pada September 2022 dalam bentrokan dengan orang-orang bersenjata Palestina di pos pemeriksaan Gilboa antara Israel dan Tepi Barat.

Tinggalkan Komentar