Rabu, 30 November 2022
06 Jumadil Awwal 1444

Laju Tanpa Henti Cristiano Ronaldo

Jumat, 03 Sep 2021 - 15:02 WIB
Penulis : Ibnu Naufal
Laju Tanpa Henti Cristiano Ronaldo - inilah.com
(Ist)

Dalam unggahan video di akun Instagram pribadinya, untuk merayakan rekor pencetak gol terbanyak dalam laga internasional, Ronaldo telah memberikan sinyal belum akan pensiun dalam waktu dekat. Ia masih bersemangat tampil dan memimpin rekan-rekannya di timnas Portugal.

”Mari tetap bertemu di dalam lapangan dalam beberapa tahun mendatang. Saya belum menutup perhitungan (gol) ini,” tulis Ronaldo dalam unggahan yang disukai lebih dari 8 juta pemilik akun hanya dalam waktu 12 jam setelah diunggah itu.Golnya ke gawang Irlandia pada tujuh menit terakhir laga kemarin sekaligus menjadi potret waktu favoritnya saat menciptakan gol untuk Portugal. Dari total 111 golnya, 30 persen atau 33 gol dicetak pemain kelahiran Pulau Madeira, Portugal, itu pada 15 menit terakhir pertandingan sepak bola.


Sumbangan gol pertama Ronaldo bagi A Selecao juga tercipta pada masa perpanjangan waktu, yaitu tepatnya pada menit 90+3 dalam laga versus Yunani pada laga babak penyisihan grup Piala Eropa Portugal, 12 Juni 2004. Pada laga debut CR7 di Piala Eropa saat itu, Portugal takluk, 1-2. Yunani lalu menjadi juara kejutan.

Baca juga
Bukan Ronaldo atau Messi, Ini Dua Nama Calon Kuat Peraih Ballon d'Or

Pada Piala Eropa 2020 lalu, Ronaldo telah mengukir rekor lainnya, yaitu sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah kejuaraan itu. Ia mengemas total 14 gol, melampaui rekor Michel Platini (9 gol).

”Meskipun tidak dalam performa terbaiknya, Ronaldo tetap bisa membantu timnya lewat gol-golnya di saat tepat,” ujar Pelatih Portugal Fernando Santos dilansir A Bola.

Irlandia menjadi timnas ke-45 yang menjadi korban ketajaman Ronaldo. CR7 telah membobol gawang tim-tim dari enam konfederasi yang diakui FIFA, mulai dari Eropa, Amerika Selatan, Amerika Utara & Tengah, Afrika, Oseania, dan Asia. Lituania dan Swedia menjadi lawan favorit Ronaldo. Kedua timnas itu masing-masing telah tujuh kali dibobolnya.

Baca juga
Cristiano Ronaldo, Si Manusia Free Agent Bersejarah

John Egan, bek Irlandia yang menciptakan gol semata wayang timnya ke gawang Portugal, berkata, meredam Ronaldo adalah pekerjaan terberat bagi setiap pemain bertahan. Kesalahan kecil Irlandia di menit akhir, lanjutnya, membuat kemenangan ”Jack’s Army”, julukan tim Irlandia, menguap.

”Kami telah meredam penampilannya selama lebih dari 80 menit. Namun, setelah itu, kami membiarkan Ronaldo mendapatkan dua peluang di kotak penalti dan ia tidak menyia-nyiakannya,” ucap Egan, pemain Sheffield United di Divisi Championship Inggris.

Adapun Ricardo Quaresma dan Joao Moutinho adalah pemberi asis terbanyak bagi Ronaldo. Kedua pemain itu masing-masing telah menciptakan delapan asis bagi pemain berusia 36 tahun itu. Sejak Figo memberikan asis untuk gol perdana Ronaldo, 2004 lalu, total 32 pemain A Selecao telah ”melayani” CR7 untuk mencatatkan namanya di papan skor.

”Capaian yang diraihnya (Ronaldo) adalah bentuk penghargaan atas karier luar biasa selama hampir dua dekade mewakili timnas di level tertinggi. Ia sekali lagi menunjukkan komitmen dan dedikasi luar biasa terhadap seni dan hasrat terhadap sepak bola,” kata Presiden FIFA Gianni Infantino, yang menyambut rekor gol internasional terbanyak milik Ronaldo, di laman resmi FIFA.

Baca juga
Jadi Pahlawan Kemenangan MU, Ronaldo Cetak Rekor di Liga Champions

Gol dan penampilan Ronaldo bukan hanya menghadirkan kebahagiaan bagi warga Portugal. Ia adalah ikon global yang selalu menghadirkan decak kagum banyak orang lewat penampilannya di lapangan.

Tinggalkan Komentar