Senin, 15 Agustus 2022
17 Muharram 1444

Laman Pencarian Google Bakal Dijejali Konten TikTok dan Instagram

Rabu, 29 Sep 2021 - 16:58 WIB
Penulis : Ibnu Naufal
Laman Pencarian Google Bakal Dijejali Konten TikTok dan Instagram - inilah.com

Google dilaporkan sedang dalam pembicaraan dengan ByteDance dan Facebook untuk membawa video Instagram dan TikTok ke Google Search.

XDAdevelopers melansir, Google klaim telah mencapai kesepakatan dengan platform media sosial tersebut untuk mengindeks video format pendek mereka di mesin pencari. Jika kesepakatan berhasil, pengguna akan dapat mencari video Instagram dan TikTok di laman Penelusuran Google menggunakan kata kunci populer.

Jika Anda misalnya ingin mencoba mencari video Instagram atau TikTok di Google, Anda hanya akan melihat unggahan ulang video yang diposting di YouTube atau platform pihak ketiga lainnya. 

Menurut Informasi dari pihak dalam, eksekutif dari raksasa pencarian saat ini sedang menegosiasikan kesepakatan dengan ByteDance dan Facebook untuk mendapatkan data yang mereka butuhkan untuk mengindeks dan memberi peringkat video dari TikTok dan Instagram di laman Pencarian.

Dalam sebuah pernyataan tentang masalah ini, juru bicara Google mengatakan kepada The Information bahwa perusahaan selalu mencari cara baru untuk mengatur informasi. “Kami membantu situs membuat konten mereka dapat ditemukan dan mendapat manfaat dari ditemukan di Google, dan mereka dapat memilih bagaimana atau apakah konten mereka muncul di Penelusuran,” tambah juru bicara itu.

Baca juga
Google Trends: Minat Penelusuran Merek Kendaraan Listrik Melonjak 300%

Perlu dicatat bahwa pada bulan Desember tahun lalu, Google mulai menguji fitur baru yang menunjukkan video TikTok dan Instagram dalam kursus di laman Google search di perangkat seluler.

Fitur ini awalnya hanya menampilkan video YouTube, tetapi akan ditambahkan video dari dua platform lainnya.

Perusahaan dari Alfabet ini masih menguji fitur di beberapa wilayah, dan mungkin akan melihat peluncuran yang lebih luas jika Google berhasil mencapai kesepakatan dengan ByteDance dan Facebook. Google mungkin juga menawarkan fitur serupa di Penelusuran di desktop jika semuanya berjalan sesuai rencana.

Tentu ini akan menarik bagaimana integrasi ini akan memengaruhi layanan video pendek Google sendiri — YouTube Shorts.

Tinggalkan Komentar