Minggu, 22 Mei 2022
21 Syawal 1443

Lanjutkan Komitmen Pemanfaatan EV, MMKSI Tandatanganani MoU Studi Bersama dengan 4 Perusahaan Ternama

Mmksi Mou

Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) studi bersama dengan empat mitra perusahaan terkemuka, yakni PT Pos Indonesia, PT Haleyora Power, Gojek, dan DHL Supply Chain Indonesia, sebagai kelanjutan dari komitmen Mitsubishi Motors terhadap akselerasi pemanfaatan kendaraan listrik (EV) dan ekosistemnya di Indonesia.

Kolaborasi MMKSI dan mitra perusahaan terkemuka akan dilakukan dengan melaksanakan pilot study uji kelayakan dari kei-car class electric commercial vehicle di Indonesia dengan model Mitsubishi Minicab-MiEV.

Kerja sama studi dan pemanfaatan Minicab-MiEV dengan mitra dilakukan atas kesamaan visi dan misi terhadap aktivitas operasional perusahaan yang mengarah pada kelestarian lingkungan tanpa emisi, terutama pada aktivitas logistik.

Dalam ketentuan MoU, MMKSI akan menyediakan satu unit Mitsubishi Minicab-MiEV, model yang saat ini dijual di pasar Jepang untuk penelitian dan pemanfaatan, dan mitra akan menggunakan kendaraan tersebut selama enam bulan dalam operasi logisitiknya di area Jabodetabek.

Studi ini bertujuan untuk memahami dan mengekspolrasi aplikasi EV komersial, dengan memverifikasi data penggunaan aktual, termasuk jarak tempuh, riwayat pengisian daya, dan rute pengiriman.

Baca juga
Honda Bakal Luncurkan 30 Mobil Berbasis Listrik hingga 2030

“Kerja sama pilot studi bersama ini menjadi milestone terbaru dari kelanjutan komitmen Mitsubishi Motors untuk mengakselerasi pengembangan mobil listrik di Indonesia dan proses menuju kontribusi kendaraan tanpa emisi dengan memanfaatkan battery electric vehicle. Terkait studi Minicab-MiEV, apresiasi tertinggi kami terhadap mitra perusahaan terkemuka PT Pos Indonesia, PT Haleyora Power, Gojek, dan DHL Supply Chain Indonesia, termasuk Pemerintah Indonesia yang dengan antusiasme positif mendukung akselerasi pemanfaatkan kendaraan listrik. Melalui studi ini kami berharap dapat mengeksplor lebih luas pemanfaatan model kendaraan listrik komersial Mitsubishi Motors di Indonesia,” ungkap President Director MMKSI Naoya Nakamura.

Tentang Mitsubishi Minicab-MiEV

Minicab-MiEV, kendaraan niaga yang sepenuhnya menggunakan tenaga Listrik. Model ini telah membuktikan ketangguhannya dan keandalannya di Jepang sebagai kendaraan operasional perusahaan logistik. Minicab-MiEV telah mencuri perhatian Presiden Jokowi dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang, dibuktikan dengan menjajal mengendarai Minicab-MiEV dalam kunjungannya ke GIIAS 2021.

Untuk memastikan fungsi dan keandalan produk, MMKSI akan memulai uji coba dengan mitra potensial di Indonesia untuk operasional mereka. Hasil pengujian akan digunakan untuk pengembangan kendaraan Listrik Mitsubishi Motors di Indonesia, serta berkontribusi pada pertumbuhan berkelanjutan dari partner Mitsubishi Motors dan juga masyarakat.

Baca juga
Inilah 10 Mobil Terlaris di Indonesia Sepanjang 2021

Spesifikasi singkat dari Minicab-MiEV yang akan digunakan pada studi bersama ini adalah, 4-seater, 2WD. Sedangkan jarak tempuh EV hingga 150 km dengan kapasitas baterai 16 kWh.

Berikut merupakan nilai jual utama dari Mincab MiEV:

1. BEV x Van: menggunakan BEV untuk tujuan operasional (termasuk pengiriman barang), mendukung keekonomisan karena running cost yang lebih rendah, dan mendukung ekologi karena tidak adanya emisi.

2. Kendaraan terbaik untuk jalan sempit, dengan small turning kecil 4,3 meter.

3. Unggul untuk tanjakan curam, dikarenakan torsi instan dan kuat dari motor listrik. Dengan power 30kW (41ps) / 2.500-6.000 rpm, dengan torsi 20 kgf.m (196 N.m) / 0-300 rpm.

Milestone Mitsubishi Motors dalam partisipasi pengembangan dan proses peralihan ke kendaraan listrik di Indonesia:

– Februari 2018, Mitsubishi Motors mendonasikan dua unit i-MiEV, delapan unit Outlander PHEV, dan empat unit pengisian daya cepat DC melalui Kementerian Perindustrian RI.

– Juli 2019, Mitsubishi Motors meluncurkan Outlander PHEV di GIIAS 2019, yang menjadikan Indonesia negara pertama diluncurkannya Outlander PHEV di wilayah ASEAN

Baca juga
Setelah GoFood, GrabFood, dan ShopeeFood, Kini Bakal Bertambah Tiktok Kitchen

– Oktober 2019, berpartisipasi pada projek Sumba Energy Management, dengan menyediakan EV untuk studi bersama BPPT dan PLN, guna mendemonstrasikan EV dapat dipergunakan di area remote menggunakan listrik dari energi terbarukan.

– November 2019, MMKSI meresmikan satu fasilitas pengisian daya cepat DC di kantor pusat MMKSI, 12 fasilitas di diler resmi Mitsubishi Motors area Jabodetabek dan dua fasilitas di area Bali, dan satu fasilitas pengisian daya cepat DC di Plaza Senayan, dengan total 16 fasilitas pengisian daya cepat DC di seluruh Indonesia.

– April 2021, MMKSI kembali mendonasikan tiga unit Outlander PHEV kepada BUMN dan PMI untuk mendukung upaya penanggulangan COVID-19 dan pendistribusian vaksin.

– Menampilkan Mitsubishi Minicab-MiEV di ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show, dan Indonesia Electric Motor Show, November 2021.

– Penandatanganan MoU dengan perusahaan terkemuka PT Pos Indonesia, PT Haleyora Power, Gojek, dan DHL Supply Chain Indonesia, untuk studi bersama pemanfaatan Mitsubishi Minicab-MiEV di Indonesia, Maret 2022 .

Tinggalkan Komentar