Kamis, 09 Februari 2023
18 Rajab 1444

Lapor ke Bareskrim, Keluarga Brigadir J Beberkan Bukti Komunikasi Terakhir

Senin, 18 Jul 2022 - 18:32 WIB
0718 043006 0693 Inilah.com  - inilah.com
Kuasa Hukum keluarga almarhum Brigpol J, Kamaruddin Simanjuntak (kiri) bersama Johnson Panjaitan (kanan) saat mendatangi Bareskrim Mabes Polri untuk membuat laporan dugaan pembunuhan berencana ke Bareskrim Polri, Senin (18/7/2022). Foto: Inilah.com/Didik Setiawan

Tim kuasa hukum keluarga almarhum Brigadir Polisi (Brigpol) J alias Nopryansyah Yoshua Hutabarat melapor ke Bareskrim Polri terkait dugaan pembunuhan berencana. Selain barang bukti berupa foto dan video, tim kuasa hukum juga melampirkan bukti percakapan terakhir antara Brigadir J dengan keluarga.

“Percakapan itu biar itu nanti tugas penyidik, nanti. Pasti kami melampirkan supaya dibuka karena ada empat nomor handphone daripada almarhum yang sampai hari ini sudah kita berikan ke penyidik itu belum ditemukan,” kata kuasa hukum keluarga Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Senin (18/7/202).

Dia mengakui Brigadir J sempat mengawal Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri Irjen Pol Ferdy Sambo dan keluarga ke Sekolah Taruna Negara di Magelang, Jawa Tengah pada Jumat (8/7/2022). Menurut Kamaruddin, Brigadir J sempat berkomunikasi melalui WhatsApp dengan keluarganya sebelum melanjutkan tugas untuk mengawal Ferdy Sambo dan keluarganya.

Baca juga
Ferdy Sambo Dituduh Punya Wanita Simpanan, Pengacara Putri Candrawathi Membela

Bukti percakapan itu, lanjut Kamaruddin, sudah dikumpulkan dan kemudian diberikan kepada tim penyidik. “Ada buktinya, karena rekaman elektronik itu adalah bukti berdasarkan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). Bukti itu juga diatur dalam pasal 186 4 KUHAP,” terang Kamaruddin.

Sehingga, imbuh dia, percakapan elektronik atau surat elektronik terkategori barang bukti.

Kejanggalan

Brigpol J atau Nopryansyah Yoshua Hutabarat tewas dalam baku tembak di rumah dinas Kadiv Propam Irjen Pol Ferdy Sambo, Kompleks Polri, Duren Tiga, Jakarta Selatan, Jumat (8/7/2022). Brigpol J merupakan sopir istri Irjen Pol Ferdy Sambo, Putri Chandrwati.

Peristiwa itu baru terkuak ke publik pada Senin (11/7/2022). Menurut keterangan polisi, Brigpol J tewas dalam baku tembak setelah melecehkan dan menodongkan senjata ke istri Ferdy Sambo, Putri Chandrawati. Brigpol J meregang nyawa oleh peluru yang keluar dari pistol Bharada E, ajudan Irjen Ferdy Sambo. Irjen Pol Ferdy Sambo disebut sedang tidak berada di rumah lantaran sedang menjalani tes PCR.

Baca juga
Timsus Dalami Kemungkinan Ferdy Sambo Tembak Langsung Brigadir J

Namun, sejumlah pihak menilai janggal keterangan polisi itu. Menurut Wakil Koordinator KontraS Rivanlee Anandar, pihaknya mencatat ada sejumlah kejanggalan dalam penanganan perkara yang terjadi di rumah Ferdy Sambo. “Dari beberapa kronologis yang Polri sampaikan, terdapat beberapa kejanggalan yang sifatnya tak masuk akal,” kata Rivanlee kepada Inilah.com, Kamis (14/7/2022).

 

 

Tinggalkan Komentar