Senin, 08 Agustus 2022
10 Muharram 1444

Laporan OpenSignal Bikin Telkomsel Semringah

Kamis, 09 Des 2021 - 09:34 WIB
Penulis : Ibnu Naufal
Dok. Telkomsel - inilah.com
Dok. Telkomsel

OpenSignal kembali merilis Laporan Pengalaman Jaringan Seluler untuk wilayah Indonesia. Dari catatan tersebut Telkomsel tetap menjadi operator terbaik yang mendominasi di Indonesia dalam hal pengalaman video, kecepatan unduh, kecepatan unggah, dan jangkauan 4G.

Kendati demikian, Opensignal juga menyebut, dominasi Telkomsel pada pengalaman jaringan seluler di Indonesia terancam karena rival terdekatnya hampir menyamainya.

Mengutip laporan Opensignal, Rabu (8/12/2021), pengguna Telkomsel merasakan pertumbuhan signifikan dalam metrik kecepatan, namun pengguna XL dan Indosat mengalami peningkatan yang sedikit lebih tinggi. Masing-masing dalam pengalaman kecepatan unduh dan kecepatan unggah.

Hasilnya, kedua operator tersebut berjarak 1 Mbps untuk mengalahkan Telkomsel dalam pengalaman kecepatan unduh dan kecepatan unggah.

Opensignal Chart - inilah.com
Opensignal Chart

Untuk pengalaman kecepatan unduh, tercepat adalah Telkomsel dengan 16,3 Mbps, XL 15,5 Mbps, Indosat 13,2 Mbps, Tri dengan 10,9 Mbps, dan Smartfren 8,9 Mbps.

Baca juga
Percepat Digitalisasi, Telkomsel Hadirkan Solusi IoT Smart Manufacturing
Opensignal Chart (3) - inilah.com
Opensignal Chart (3)

Sementara untuk kecepatan unggah, tercepat adalah Telkomsel dengan 8,1 Mbps, Indosat dengan 7,2 Mbps, XL dengan 6,7 Mbps, Tri 5,9 Mbps, dan Smartfren 1,7 Mbps.

Opensignal Chart (5) - inilah.com
Opensignal Chart (5)

Selain itu, Telkomsel hanya berjarak satu poin melampaui 3 (Tri) dalam meraih posisi teratas pada pengalaman aplikasi suara. Tri tetap jadi pemenang untuk kategori pengalaman aplikasi suara.

Skor Tri adalah 77,8 poin (skala 100 poin). Disusul Telkomsel 76,9 poin, Smartfren 75,5 poin, Indosat 74,8 poin, dan XL 74,6 poin.

Opensignal mencatat kecepatan unggah jadi aspek yang penting dari pengalaman pengguna. Pasalnya pengguna smartphone kini lebih terlibat dalam aplikasi medsos, dalam hal ini membagikan gambar dan video dan beralih dari konsumsi konten ke pembuat konten.

Baca juga
Sambut MotoGP Mandalika, Telkomsel Rilis Kartu Perdana Khusus untuk Turis Asing
Opensignal Chart (6) - inilah.com
Opensignal Chart (6)

Telkomsel juga mengurangi dominasi Tri dalam pengalaman gim hingga hampir setengahnya. Meski begitu, untuk skor pengalaman gim, Tri tetap unggul dengan total 68,2 poin, Telkomsel 61,6 poin, Smartfren 58,4 poin, XL 56,1 poin, dan Indosat 52,4 poin.

Dalam hal ketersediaan 4G, Opensignal mencatat, pengguna layanan mobile di Indonesia di seluruh jaringan mengalami peningkatan dalam proporsi waktu yang dihabiskan untuk terhubung ke 4G, kecuali Smartfren.

Saat ini, ketersediaan 4G seperti diungkap dalam laporan tertinggi (dalam segi proporsi waktu yang dihabiskan untuk terhubung ke 4G) adalah Smartfren yakni 98,1 persen, Tri 94,3 persen, Indosat 93,2 persen, XL 91,7 persen, dan Telkomsel 90,3 persen.

Baca juga
Telkomsel Pastikan Kesiapan Jaringan Broadband untuk G20

“Pengguna kami dari keempat jaringan ini melaporkan peningkatan 0,1 poin dalam pengalaman jangkauan 4G, yakni penilaian tentang pengalaman pelanggan seluler terkait jangkauan 4G di jaringan suatu operator,” kata Opensignal.

Tinggalkan Komentar