Senin, 26 September 2022
30 Safar 1444

Latah Ikuti Bursa Saham, Bitcoin Terjun Bebas ke Terendah Sejak Januari 2022

Senin, 09 Mei 2022 - 14:25 WIB
Penulis : Ahmad Munjin
Ikuti Bursa Saham, Bitcoin Terjun Bebas ke Terendah Sejak Januari 2022 - inilah.com
Foto: Istockphoto.com

Bitcoin jatuh ke level terendah sejak Januari pada Senin (9/5/2022). Hal ini terjadi seiring merosotnya pasar ekuitas yang terus merugikan mata uang kripto.

Aset kripto saat ini diperdagangkan sejalan dengan apa yang disebut sebagai aset-aset berisiko, seperti saham-saham teknologi.

Bitcoin turun ke level 33.266 dolar AS pada perdagangan pagi, menguji level terendah Januari di 32.951 dolar AS. Penurunan di bawah level itu akan menjadi yang terendah sejak Juli tahun lalu. Kemudian stabil untuk diperdagangkan di sekitar 33.500 dolar AS, atau jatuh 1,4 persen.

“Saya pikir semua yang ada di dalam kripto masih digolongkan sebagai aset berisiko, dan mirip dengan apa yang telah kita lihat dengan Nasdaq, sebagian besar mata uang kripto terpukul,” kata Matt Dibb, COO Stack Funds, platform kripto yang berbasis di Singapura.

Baca juga
Aplikasi Pintu Perpanjang Program Pintu Earn 15% APY hingga 30 Juni

Saham teknologi Nasdaq turun 1,5 persen minggu lalu, dan telah kehilangan 22 persen tahun ini, dirugikan oleh prospek inflasi yang berkelanjutan memaksa Federal Reserve (Fed) AS untuk menaikkan suku bunga meskipun pertumbuhan melambat. Nasdaq berjangka turun lebih lanjut 0,8 persen di perdagangan Asia pada Senin (9/5/2022).

Dibb mengatakan faktor lain dalam penurunan selama akhir pekan – bitcoin ditutup pada Jumat (6/5/2022) sekitar 36.000 dolar AS – adalah likuiditas pasar kripto yang terkenal rendah selama akhir pekan, dan juga ketakutan jangka pendek bahwa stablecoin algoritmik yang disebut Terra USD (UST) dapat kehilangan patokannya terhadap dolar.

Baca juga
KunciCoin Resmi Listing di Bybit, Cryptocurrency Exchange Tier-1

Stablecoin adalah token digital yang dipatok ke aset tradisional lainnya, seringkali dolar AS.

UST diawasi dengan ketat oleh komunitas kripto baik karena cara baru mempertahankan patokan 1: 1 dolar, dan karena pendirinya telah menetapkan rencana untuk membangun cadangan bitcoin senilai 10 miliar dolar AS untuk mendukung stablecoin, yang berarti volatilitas di UST berpotensi meluas ke pasar bitcoin.

Ether, mata uang kripto terbesar kedua di dunia, yang menopang jaringan ethereum, turun ke level 2.421 dolar AS pada Senin, terendah sejak akhir Februari.

Tinggalkan Komentar