Selasa, 04 Oktober 2022
08 Rabi'ul Awwal 1444

Lazada Hadirkan Armada Pengiriman Paket Berbasis Listrik

Jumat, 18 Feb 2022 - 23:51 WIB
Lazada Armada Listrik
(dok. Lazada)

Lazada Indonesia, melalui unit logistiknya Lazada Logistics, berkolaborasi dengan Smoot Motor Indonesia untuk menyediakan #BlueVehicle, armada pengiriman paket yang praktis dan ramah lingkungan bagi mitra kurir (frontliner) Lazada Logistics dengan menggunakan kendaraan listrik ramah lingkungan.

Dalam kerja sama ini, Smoot akan menyediakan Smoot Motor sebagai kendaraan berbasis listrik utama bagi frontliner Lazada Logistics di Jakarta. Melalui kolaborasi ini, Lazada dan Smoot akan mempromosikan pengiriman paket ramah lingkungan yang mendukung tujuan jangka panjang pertumbuhan berkelanjutan kedua perusahaan.

Kemitraan ini merupakan bagian dari komitmen Lazada untuk mendukung pertumbuhan ekosistem ekonomi digital dengan menyediakan solusi layanan logistik ramah lingkungan. Komitmen Lazada ini sejalan dengan upaya Smoot untuk memberikan akses bagi masyarakat Indonesia akan pemberdayaan energi yang cerdas, aman dan ramah lingkungan melalui penggunaan baterai.

Kerja sama antara Lazada Logistics dan Smoot diharapkan bisa sekaligus mendukung Program Langit Biru dari Pemerintah Indonesia untuk mengendalikan dan mencegah pencemaran udara serta mewujudkan perilaku sadar lingkungan masyarakat.

“Kolaborasi dengan Smoot akan menambah armada kendaraan listrik ke ekosistem logistik kami sebagai bagian dari upaya mendukung Program Langit Biru Pemerintah Indonesia. Sebagai e-commerce pertama dengan inisiatif solusi ramah lingkungan, membangun ekosistem e-commerce yang ramah lingkungan dan berkelanjutan adalah komitmen kami sehingga upaya mengurangi jejak karbon dalam pengiriman paket kepada pelanggan Lazada menjadi salah satu bentuk kontribusi nyatanya,” kata Chief Logistics Officer Lazada Indonesia Philippe Auberger, dalam keterangannya kepada Inilah.com.

Baca juga
Soal Investasi 100 Miliar Dolar Alibaba, Lazada Akuisisi DANA?

Dengan armada #BlueVehicle yang juga merupakan warna utama Lazada, menurut Auberger, kerja sama dengan Smoot ini sekaligus menjadi wujud upaya dalam penawaran solusi logistik berkualitas bagi bisnis di Indonesia serta penyediaan kendaraan yang efisien dan ramah lingkungan bagi para frontliner di Lazada Logistics, yang merupakan garda depan pengiriman paket di Lazada.”

Sementara itu, Founder dan CEO PT Smoot Motor Indonesia Irwan Tjahaja menyebut pihaknya menyambut baik kolaborasi dengan Lazada dan berharap kendaraan listrik yang mereka sediakan bisa membantu memberikan kontribusi terhadap pengurangan polusi udara di Indonesia.

“Dengan beralih ke Smoot Motor yang ramah lingkungan dan terintegrasi dengan SWAP Battery System, frontliner Lazada Logistics dapat melakukan pengiriman dengan jangkauan lebih jauh tanpa perlu khawatir kehabisan baterai serta dapat menghemat biaya transportasi sehari-hari,” ujar Irwan.

Smoot Motor dirancang untuk kemudahan pengguna dengan pemakaian Swap Battery System yang terintegrasi dengan aplikasi pintar, Swap Energi. Pengguna Smoot Motor bisa memantau kondisi baterai melalui aplikasi dan kemudian melakukan penukaran baterai motor dengan mudah di ratusan lokasi penukaran baterai (SWAPPoin) yang tersedia di berbagai lokasi strategis di Jakarta, seperti di Alfamart, Alfamidi, dan Shell.

Baca juga
TransJakarta Lakukan Penyesuaian pada Natal dan Tahun Baru

Frontliner Lazada tak tidak perlu lagi takut kehabisan baterai di jalan atau harus menunggu berjam-jam untuk pengisian baterai motor listrik. Cukup 9 detik waktu yang dibutuhkan untuk menukar baterai kosong dengan yang baru di SWAPPoin, frontliner Lazada siap melanjutkan perjalanan untuk mengantarkan paket ke pelanggan. Cepat, mudah, dan efisien,” tambah Irwan.

Dalam Studi Lazada 2020 yang bertajuk ‘Percepatan Ekonomi Digital Indonesia Melalui E-Commerce’, terungkap peran penting logistik dalam pertumbuhan bisnis lokal di kanal e-commerce. Karena itulah, Lazada dan Smoot juga berharap kerja sama ini bisa menjadi pendorong perkembangan ekonomi digital di Indonesia dengan menyediakan layanan logistik yang praktis dan ramah lingkungan bagi bisnis lokal di ekosistem e-commerce.

Sementara bagi para frontliner di garda depan pengiriman paket ke pelanggan, keberadaan #BlueVehicle yang dirancang aman, nyaman dan efisien bisa membantu mereka melakukan pengiriman paket secara tepat waktu.

Baca juga
Foto: Pertamina Mulai Transisi Bisnis Swap Baterai Motor Listrik

Sebelumnya, Lazada telah bekerja sama dengan Grab untuk penyediaan armada motor listrik di Jabodetabek. Lazada juga bekerja sama dengan Westbike Messenger Service untuk penyediaan mitra kurir dan armada sepeda untuk pengiriman paket ke pelanggan Lazada, yang tersedia di beberapa area di Jakarta dan Bandung.

“Seluruh kemitraan strategis ini kami jalankan sebagai wujud komitmen kami dalam menyediakan solusi yang lebih ‘hijau’ untuk pelanggan Lazada, baik konsumen maupun bisnis yang bergabung bersama kami di Lazada. Kami berharap kemitraan dengan Smoot ini bisa terus berjalan berkelanjutan dan kami yakin, bersama Smoot dan mitra lainnya yang memiliki semangat yang sama, kita bisa mewujudkan Indonesia yang lebih hijau,” tutup Aubergere.

Tinggalkan Komentar