Kamis, 26 Mei 2022
25 Syawal 1443

Lebih dari 2 Juta Jemaah Itikaf di Masjidil Haram

Itikaf Masjidil Haram (Foto Haramain Sharifain)- inilah.com
Masjidil Haram (Foto Haramain Sharifain)

Lebih dari dua juta umat Muslim berkumpul di Masjidil Haram Mekkah, Arab Saudi, sebagai bagian dari umroh dan pelaksanaan ibadah itikaf pada malam 27 Ramadan 1443 H di masjid suci tersebut.

“Lebih dari 2 Juta Jemaah dan Pengunjung menghadiri Sholat Qiyam Al Layl di Masjidil Haram, Makkah pada Malam 27 #Ramadhan 1443,”, tulis akun @hsharifain.

Itikaf berarti seorang Muslim tinggal di masjid untuk tujuan beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah, mengikuti contoh Nabi Muhammad SAW.

Tradisi ini biasanya dilakukan pada 10 sepuluh hari terakhir bulan Ramadan.

Ibadah itu dimulai dari terbenamnya matahari pada hari ke-20 Ramadan dan berakhir ketika bulan Idul Fitri terlihat. Dalam itikaf, jemaah tinggal dan tidur serta melakukan sholat sunah di masjid dan hanya meninggalkan masjid untuk berwudhu.

Baca juga
Foto: Salat Tarawih Berjama'ah Pertama di Masjid Istiqlal Jakarta

Keabsahan izin itikaf sendiri telah dimulai dari malam 21 Ramadan hingga malam Idul Fitri, yang mengikuti bulan lunar. Sebelumnya, sudah dua tahun kegiatan itikaf ini tidak bisa dilaksanakan akibat pandemi virus Corona.

Arab Saudi bulan lalu mencabut sebagian besar pembatasan COVID-19 di tengah penurunan tajam jumlah kasus di negara itu. Tak ada lagi jarak fisik antara jemaah di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Meski demikian, jamaah tetap diwajibkan memakai masker.

 

Tinggalkan Komentar