Kamis, 30 Juni 2022
01 1444

Lewat Formula E, Anies Kampanyekan Jakarta Ramah Lingkungan

Kamis, 02 Jun 2022 - 17:24 WIB
anies formula e

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyebut ajang balap mobil listrik Formula E pada Sabtu (4/6/2022) mendatang memiliki pesan bermakna dari sisi lingkungan ibu kota.

“Saya bercerita Jakarta dengan polusi yang tinggi dan ingin berubah. Saya bilang Jakarta punya target zero emisi. Kami mendapat respon positif dan sejak saat itu kami bertemu banyak tantangan,” terang Anies dalam acara meet and greet pebalap Formula E di Monas, Jakarta, Kamis (2/6/2022).

Formula E kata Anies memang dibuat untuk mengkampanyekan Jakarta sebagai ibu kota ramah lingkungan seperti yang digaungkan panitia balap mobil listrik tersebut.

Sejak pertama kali Jakarta berniat menyelenggarakan adu mobil listrik itu di 2019 silam, balap Formula E memang mengenalkan upaya konsep ramah lingkungan.

Baca juga
Foto: 495 Mural Hiasi Tembok Jalan RE Martadinata

“Formula E punya pesan yang kuat. Kami bisa mengirim pesan kepada dunia bahwa Jakarta dan Indonesia adalah warga yang bertanggung jawab untuk lingkungan di masa depan,” tegasnya.

“Harapan kami, Jakarta ikut berkontribusi dan bertanggung jawab. Formula E adalah pesan babak baru bahwa Jakarta bisa jadi kota ramah lingkungan. Ini bukan hanya balapan tapi pesan tentang kemajuan dan tentang balapan,” sambung Anies.

Balapan Formula E bukan sekadar adu kekuatan di lintasan mobil listrik saja, tetapi ekosistem yang diciptakan pun juga semestimua ramah lingkungan.

Seperti saat pembangunan Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) Ancol, panitia yakni Jakpro bersikukuh enggan menebang pohon di sekitaran sirkuit. Mereka cenderung memilih memindahkan pohon tersebut tanpa menebangnya.

Baca juga
Usut Kasus Rasisme Ruhut, Polda Metro Segera Periksa Saksi

“Penebangan tidak ada, pemindahan mungkin ada,” kata Direktur Utama Jakpro Widi Amanasto, pada Desember 2021 lalu.

Sebagai tambahan informasi, jadwal balapan Formula E Jakarta berdasarkan keterangan dari Federasi Otomotif Internasional (FIA) Formula E melalui laman fiaformulae.com, semua sesi dipadatkan dalam satu hari yakni pada Sabtu (4/6/2022).

Agenda pertama dimulai latihan bebas dua kali yakni dijadwalkan pada pukul 07.15 WIB dan 09.00 WIB.

Kemudian sesi kualifikasi pada pukul 10.40 sampai 11.55 WIB dan balapan puncak dijadwalkan pukul 15.00 sampai 16.00 WIB.

Total setidaknya ada 22 pebalap dari 11 tim berbeda yang akan tampil di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) Ancol, Sabtu (4/6/2022) mendatang. [AHA]

Tinggalkan Komentar