Jumat, 20 Mei 2022
19 Syawal 1443

Libur Lebaran, Wisatawan ke TN Kelimutu Capai 4.545 Orang

Kelimutu
Kemenparekraf

Wisatawan ke Taman Nasional (TN) Kelimutu mencapai 4.545 orang pada tanggal 2 sampai 3 Mei 2022. Hal tersebut bertepatan dengan libur Lebaran.

Balai Taman Nasional Kelimutu mencatat kunjungan ke kawasan wisata satu-satunya gunung api di Indonesia yang memiliki tiga danau kawah yang berbeda warna airnya.

“Jumlah itu terhitung sejak tanggal 2 hingga 3 Mei,” kata Kepala Balai TN Kelimutu Hendrikus Rani Siga SL, NTT, Rabu, (4/5/2022).

Ia mengatakan jumlah kunjungan wisatawan itu didominasi oleh wisatawan domestik, sementara wisatawan luar negeri atau mancanegara tercatat hanya 11 orang dari 4.545 wisatawan yang disebutkan.

Hendrikus juga menilai, jumlah kunjungan wisatawan tersebut cukup meningkat di libur Idul Fitri pada 2022.

Baca juga
VW Tiguan Allspace Camping Edition Siap Diajak Berpetualang

“Kami juga cukup kewalahan mengatur keluar masuknya wisatawan yang datang karena tahun ini kembali di buka setelah pada tahun 2021 lalu tidak dibuka karena pandemi COVID-19,” tambahnya.

Ia menambahkan bahwa sebenarnya untuk mengatasi meningkatnya wisatawan, pihaknya sudah menyiapkan cara pemesanan tiket melalui daring.

Tetapi justru yang terjadi di lapangan sejak tanggal 2-3 Mei lalu wisatawan justru langsung ke kawasan TN Kelimutu untuk memesan tiket.

Karena itu untuk mengatasi penumpukan wisatawan di kawasan tersebut, pihaknya menggunakan sistem buka tutup di kawasan wisata.

“Jadi kita siapkan sistem buka tutup. Karena wisatawan yang datang justru sangatlah banyak,” tambahnya.

Baca juga
Komunitas BeatBoys, Persaudaraan Musik, Fesyen dan Skuter

Pihaknya juga selalu mengimbau kepada wisatawan agar tetap mentaati protokol kesehatan selama berwisata di kawasan TN Kelimutu.

Ia pun memprediksi kawasan wisata TN Kelimutu akan terus didatangi oleh wisatawan selama masa liburan Idul Fitri.

Tinggalkan Komentar