Minggu, 05 Februari 2023
14 Rajab 1444

Liga 1 Bergulir Lagi, Ketum PSSI Ambil Pelajaran Berharga dari Tragedi Kanjuruhan

Selasa, 06 Des 2022 - 02:26 WIB
Penulis : Harris Muda
Editor : Ibnu Naufal
Piala AFF 2022 Boleh Dihadiri Penonton, Iwan Bule: Tolong Tertib dan Taati Aturan
Ketum PSSI Mochamad Iriawan usai menyaksikan pertandingan perdana Liga 1 pasca-terhenti di Solo, Jawa Tengah, Senin (5/12/2022). (Foto: PSSI)

Sisa kompetisi Liga 1 2022 akhirnya secara serempak kembali dipertandingkan pada hari ini, Senin (5/12/2022). Ketua Umum (Ketum) PSSI Mochamad Iriawan alias Iwan Bule mengaku menjadikan Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 135 korban jiwa sebagai pelajaran demi pengelolaan kompetisi sepak bola profesional.

“Alhamdulillah kick-off sudah berjalan lancar. Tentunya kami juga masih dalam keadaan duka Tragedi Kanjuruhan, yang kejadian itu memberikan pelajaran sangat mahal untuk kita semua,” kata Iwan Bule usai menyaksikan pertandingan perdana Liga 1 pasca-terhenti di Solo, Jawa Tengah, Senin (5/12/2022).

Lewat kejadian pilu itu, lanjut Iwan Bule, seluruh pihak saat ini tengah saling bahu-membahu guna membangun iklim sepak bola yang baru setelah sempat terhenti selama hampir dua bulan lamanya.

Baca juga
#STYOut Trending Usai Coach Tae-yong Bela Ketum PSSI

“Kita sama-sama untuk bisa membangun sepakbola Indonesia dengan dibantu seluruh stakeholder yang ada,” ucapnya.

Tak lupa, Iwan Bule ikut menyampaikan ucapan terima kasih terhadap pihak-pihak yang telah mendukung terselenggaranya kembali kompetisi. Terutama kepada pihak di lingkungan pemerintah dan keamanan.

“Pada kesempatan hari ini kami berterima kasih kepada pemerintah, yaitu Bapak Presiden Joko Widodo, Bapak Menkopolhukam, Bapak Menpora, dan Bapak Kapolri yang sudah memberikan izin bergulirnya Liga 1 ini,” jelasnya.

Ucapan senada turut dihaturkan Iwan Bule kepada setiap klub yang berkompetisi di Liga 1. Mantan Kapolda Metro Jaya ini menegaskan kembali kalau pihaknya sedang melakukan transformasi sepakbola dan ada banyak perbaikan yang musti dilakukan. “Sehingga nantinya kompetisi bisa berjalan sesuai yang disampaikan Bapak Presiden dan rakyat Indonesia yang kita cintai dan banggakan,” tuturnya.

Baca juga
Keluarga Minta Dokter Independen Autopsi Jenazah Korban Tragedi Kanjuruhan

Sebelumnya, pemerintah melalui Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD akhirnya memberi izin bergulirnya kembali kompetisi Liga 1 2022. Mahfud menyampaikan, lanjutan kompetisi digelar tanpa penonton.

“Jadwal yang sudah ditentukan akan diselesaikan dan PSSI atau pemerintah dan menpora akan mengendalikan ini dan Kapolri itu sudah menjamin dari segi-segi keamanannya,” kata Mahfud MD dalam sesi konferensi pers, di gedung Kemenko Polhukam, Senin (5/12/2022).

Tinggalkan Komentar