Senin, 15 Agustus 2022
17 Muharram 1444

Lima Ide Kegiatan Menarik untuk Mengisi Liburan Akhir Tahun

Minggu, 26 Des 2021 - 03:04 WIB
Libur Akhir Tahun
(ist)

Akhir tahun menjadi momen yang selalu dinantikan oleh banyak orang. Selain karena adanya perayaan Hari Natal dan Tahun Baru, momen akhir tahun dapat dimanfaatkan sebagai masa liburan bagi para siswa, mahasiswa, serta kaum pekerja.

Agar liburan tidak membosankan dan lebih bermanfaat, Anda bisa mencoba kegiatan baru yang bisa dilakukan di rumah. Platform edukasi teknologi Zenius, telah merangkum berbagai kegiatan menarik untuk mengisi liburan Anda berikut ini:

1. Kerajinan Tangan

Anda mungkin bisa mencoba berbagai kegiatan pembuatan kerajinan tangan, seperti merajut, merangkai bunga, menjahit, makrame (kesenian membuat anyaman simpul berbahan kain/tali), dan masih banyak lagi.

Kerajinan tangan juga memiliki tingkat kesulitan yang beragam, sehingga bisa disesuaikan dengan kemampuan Anda. Dari mulai dekorasi rumah sampai barang fesyen bisa kAnda pelajari cara pembuatannya. Terlebih saat ini bisnis kerajinan tangan sangat diminati, misalnya barang hasil upcycle, resin art, hingga beaded bags.

Bahkan, pembuatan kerajinan tangan juga bisa disesuaikan dengan barang-barang yang ada di sekitar. Anda bisa menggunakan pakaian yang sudah tidak terpakai maupun barang bekas. Dengan mencoba membuat kerajinan tangan, kreativitas Anda pasti akan terlatih.

2. Memasak dan membuat kue

Bagi Anda yang selama ini hanya suka mencoba berbagai makanan, mungkin ini saatnya Anda eksplor keahlian dalam memasak. Bagi beberapa orang, kegiatan memasak bahkan jauh lebih menyenangkan daripada sekadar mengonsumsi makanan yang sudah siap santap.

Baca juga
Yesus dalam Perspektif Islam

Dengan memasak, Anda bisa menghasilkan hidangan yang sesuai dengan cita rasa sendiri. Anda juga bisa mengkreasikan berbagai macam bahan dan mencoba resep-resep yang baru Anda temui.

Sama halnya dengan membuat kue, Anda bisa mencoba untuk membuat berbagai jenis pastry. Anda bisa memulainya dengan belajar secara otodidak atau mengikuti kursus masak. Bila terus ditekuni, bukan tidak mungkin jika hobi memasak bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan.

3. Olahraga

Anda menyukai kegiatan yang menghasilkan keringat atau sedang berusaha hidup lebih sehat? Olahraga adalah jawabannya.

Seringkali orang tidak berolahraga karena malas bergerak, padahal, terdapat pilihan olahraga yang tidak memerlukan banyak gerakan misalnya yoga dan pilates.

Olahraga juga bisa dibuat lebih menyenangkan dengan dilakukan bersama sahabat, mengikuti kelas olahraga, ataupun mendengarkan musik favorit. Bagi Anda yang menyukai K-pop, nge-dance ala girl group atau boy group kesukaan bisa jadi pilihan menarik. Banyak sekali opsi kegiatan olahraga yang bisa Anda pilih sesuai preferensi.

Selain baik untuk kesehatan, berolahraga juga terbukti dapat meningkatkan hormon endorfin yang akan membuat Anda lebih bahagia serta terhindar dari stres.

Baca juga
Kapolri Minta Seluruh Polda Contoh Kapolda Metro Jaya

4. Belajar bahasa asing

Jika ingin mencari kegiatan yang dapat membuat Anda lebih cerdas, cobalah untuk mempelajari bahasa asing.

Menurut penelitian, menguasai lebih dari satu bahasa dapat melatih otak untuk melihat sesuatu tidak hanya dari satu sisi saja. Selain itu, kemampuan ini juga sangat berguna bagi kamu untuk mendapat beasiswa ataupun berkomunikasi dalam dunia kerja nantinya.

Di era globalisasi ini, arus informasi dari seluruh penjuru dunia sangat deras, sehingga kemampuan bahasa akan sangat menguntungkan.

Bagi Anda yang menyukai budaya korea seperti K-pop dan K-drama, atau tertarik untuk mempelajari Bahasa Korea, Zenius memiliki program Zenius Live: Learn! KOREAN with BTS.
Program belajar ini menggunakan kurikulum yang diambil dari buku Learn! KOREAN with BTS yang dikembangkan oleh HYBE Edu.

Pastinya pengalaman belajar akan jadi lebih seru bersama dengan native speakers dan tutor profesional, ditambah dengan adanya fitur audio dari member BTS yang melatih pengucapan kata-kata dalam Bahasa Korea.

5. Kegiatan melatih otak

Pada dasarnya, manusia memiliki kecerdasan serta potensi yang besar. Namun, tak banyak orang yang mau menggali potensi dan memaksimalkannya secara optimal.

Baca juga
PPKM Level 3 Nataru Batal, Pemerintah Pede Tangani COVID-19

Untuk itu, Anda bisa memanfaatkan waktu liburan untuk melatih otak agar konsentrasi dan daya pikir semakin baik. Dilansir dari laman Healthline, hal tersebut dapat dilakukan dengan memainkan puzzle, bermain alat musik, juga mencoba keterampilan baru.

Salah satu cara untuk melatih keterampilan adalah dengan bermain fitur ZenCore yang ada di aplikasi Zenius. Fitur ini berfokus untuk melatih keterampilan fundamental, yaitu Bahasa Inggris, Matematika, dan logika verbal. Melalui fitur ini, Anda bisa memperkuat keterampilan fundamentalmu dengan cara yang seru.

Itulah lima ide kegiatan yang bisa Anda lakukan saat liburan. Mencoba hal baru mungkin terlihat sulit dan menakutkan, namun sesekali Anda harus keluar dari zona nyaman.

Dengan mencoba hal baru, Anda dapat memperkaya pengalaman sekaligus melatih kreativitas. Siapa tahu, hal yang Anda coba berhasil dan Anda menyukai prosesnya sehingga Anda jadi lebih mengenal diri sendiri.

Tinggalkan Komentar