Sabtu, 01 Oktober 2022
05 Rabi'ul Awwal 1444

Lima Penyebab Radang Tenggorokan dan Cara Mengobatinya

Kamis, 21 Jul 2022 - 10:23 WIB
Penulis : Ahmad Munjin
Lima Penyebab Radang Tenggorokan dan Cara Mengobatinya - inilah.com
Foto: iStockphoto.com

Salah satu gejala COVID-19 yang dirasakan adalah rasa sakit pada tenggorokan atau biasa dikenal dengan radang tenggorokan. Tenggorokan terasa nyeri, perih, kering, dan gatal bisa menjadi gejala penyakit ini. Radang tenggorokan juga sering disebut dengan panas dalam.

Radang tenggorokan jadi salah satu penyakit yang umum terjadi pada musim dingin yang disertai dengan flu dan batuk. Penyebab radang tenggorokan umumnya berasal dari infeksi virus dan bakteri. Penyakit ini mudah menyebar bila ada kontak langsung dengan penderita.

Namun, radang tenggorokan umumnya tidak parah dan bisa sembuh sendiri dalam beberapa hari. Jika Anda merasakan gejala radang tenggorokan yang parah, Anda bisa chat dengan dokter untuk mengetahui tindakan pengobatan yang bisa Anda lakukan.

Apa saja penyebab radang tenggorokan dan bagaimana cara mengobatinya? Untuk mengetahui jawabannya, simak tulisan berikut ini!

Apa Itu Radang Tenggorokan?

Radang tenggorokan, panas dalam, atau faringitis adalah kondisi dimana tenggorokan terinfeksi oleh virus dan bakteri yang dapat menyebabkan radang.

Meskipun tidak berbahaya dan bisa sembuh sendiri dalam beberapa waktu, kondisi ini bisa saja mengganggu Anda dalam kegiatan sehari-hari seperti saat makan, minum dan berbicara. Tenggorokan akan terasa perih jika ada makanan atau minuman yang masuk. Terlebih, minuman dan makanan dengan suhu ekstrim, misalnya terlalu panas atau terlalu dingin.

Penyakit ini pun bisa menular jika Anda melakukan kontak langsung melalui mulut atau air liur. Pada kondisi tertentu, radang tenggorokan juga dapat menjadi gejala penyakit yang lebih parah. Jadi, Anda juga harus berhati-hati jika terkena radang tenggorokan dalam waktu lama dan gejala yang parah.

Baca juga
Kasus Subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 Capai 143 Jiwa, Hanya 1 yang Bergejala Sedang Sisanya Tanpa Gejala

Gejala-Gejala yang Dirasa

Gejala radang tenggorokan mudah untuk Anda rasakan. Gejala utama radang tenggorokan adalah adanya rasa kering, gatal, dan nyeri di tenggorokan. Anda jadi sering batuk dan berdehem karena tenggorokan terasa sangat kering dan gatal.

Tak jarang, radang tenggorokan juga akan mengakibatkan penderitanya memiliki suara yang serak. Anda pun jadi sulit untuk menelan karena makanan dan minuman yang masuk ke dalam tenggorokan akan terasa sakit. Pada kondisi tertentu, radang tenggorokan akan dibarengi dengan penyakit flu, batuk, hingga penyakit Covid.

Apa Saja Penyebab Radang Tenggorokan?

Berikut 5 penyebab radang tenggorokan yang umumnya terjadi:

1.   Udara

Kualitas udara di sekitar Anda akan mempengaruhi pernapasan Anda. Udara yang kering, pengap, dan panas akan membuat nafas Anda tidak nyaman, sehingga Anda cenderung bernafas melalui mulut. Hal ini bisa meningkatkan risiko radang tenggorokan.

2.   Demam

Jika Anda merasakan demam, flu, dan batuk, tandanya tubuh Anda sedang diserang bakteri influenza. Selain mengakibatkan sakit demam, virus ini dapat masuk ke dalam tenggorokan, sehingga mengakibatkan tenggorokan Anda kering dan menyebabkan radang.

Jika Anda memiliki gejala demam, flu, dan batuk yang disertai dengan radang tenggorokan, ada baiknya untuk segera mengkonsumsi obat-obatan.

Baca juga
Ada Apa dengan Aceh yang Masih Menjadi Zona Merah Covid-19?

3.   Penyakit GERD

Gastroesophageal reflux disease atau GERD adalah penyakit meningkatnya asam lambung pada ulu hati. Jika asam lambung naik ke bagian esofagus yang menghubungkan mulut dengan lambung, Anda juga akan berpotensi untuk terkena radang tenggorokan.

4.   Kebiasaan Makan dan Berbicara

Jika Anda setiap hari mengkonsumsi makanan dengan suhu ekstrim, seperti makanan terlalu panas dan minuman terlalu dingin, maka risiko radang tenggorokan pun akan meningkat. Tak hanya itu, kebiasaan berbicara dengan cara berteriak juga dapat membuat tenggorokan Anda terasa sakit yang bisa memicu radang tenggorokan.

Maka dari itu, cobalah untuk memperhatikan makanan dan cara berbicara Anda untuk meminimalisir radang tenggorokan.

5.   Infeksi Virus dan Bakteri

Virus dan bakteri menjadi penyebab utama penyakit radang tenggorokan. Virus dan bakteri yang terjangkit pada tenggorokan akan membuat tenggorokan terasa kering dan gatal, sehingga Anda pun akan terkena penyakit radang tenggorokan.

Untuk meminimalisir hal ini, Anda bisa menggunakan masker saat sedang berpergian ke luar ruangan atau tempat umum.

Cara Mengobati Radang Tenggorokan

Jika gejala yang Anda rasa masih ringan dan Anda dapat melakukan perawatan sendiri. Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan:

  • Memberi obat pereda nyeri seperti paracetamol, ibuprofen, dan asam mefenamat
  • Kumur-kumur dengan larutan garam atau air hangat
  • Memberi antibiotik
  • Mengkonsumsi makanan yang lunak dan mudah ditelan
  • Hindari konsumsi makanan dan minuman dengan suhu yang ekstrim, seperti makanan terlalu panas atau dingin
  • Banyak istirahat
  • Konsumsi air putih, minimal 2 liter sehari
  • Jaga kelembaban di rumah untuk meminimalisir udara yang kering
Baca juga
Gorontalo Utara Nonaktifkan Aparat Desa yang Belum Divaksin COVID-19

Selain beberapa hal di atas ini, Anda juga bisa selalu menyiapkan permen yang bisa memberikan sensasi dingin pada tenggorokan. Hal ini bisa membantu Anda saat tenggorokan terasa gatal dan batuk-batuk.

Kapan Harus Ke Dokter?

Jika Anda merasakan beberapa gejala radang tenggorokan berikut, Anda bisa segera melakukan pemeriksaan ke dokter:

  • Sulit bernafas
  • Sulit menelan
  • Sakit tenggorokan dalam jangka waktu yang lama
  • Sulit membuka mulut
  • Nyeri sendi
  • Sakit telinga (karena berhubungan dengan THT)
  • Ada ruam
  • Demam dan suhu badan tinggi
  • Terdapat darah dalam air liur atau dahak
  • Pembengkakan di leher atau wajah.

Gejala-gejala di atas ini tidak termasuk gejala umum radang tenggorokan, maka ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan pada dokter atau spesialis THT terdekat.

Itulah dia pembahasan mengenai gejala, penyebab, dan cara mengobati radang tenggorokan. Jika Anda memiliki gejala-gejala seperti yang sudah disebutkan, tidak perlu merasa khawatir dan segera melakukan konsultasi pada dokter.

Tinggalkan Komentar