Senin, 23 Mei 2022
22 Syawal 1443

Lima Saham Tersaji Saat Status IHSG di Zona Netral

Lima Saham Tersaji Saat Status IHSG di Zona Netral - inilah.com
Foto: Inilah.com/Didik Setiawan

Secara teknikal, posisi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berada di zona netral. Menurut analis, volume transaksi rendah sementara posisinya berada di area jenuh beli. Lima saham tersaji sebagai bahan pertimbangan.

Hendry Andrean, analis riset OCBC Sekuritas mengatakan, saham-saham di Asia-Pasifik sedang berjuang untuk menentukan arah pada hari Senin (4/4/2022). “Sebab, investor terus memantau kurva imbal hasil Treasury AS,” katanya dalam riset yang rilis di Jakarta, Senin (4/4/2022) pagi.

Sementara pasar saham di China daratan tutup pada Senin dan Selasa pekan ini karena hari libur.

Menurut Hendry, bagian yang diawasi ketat oleh pelaku pasar adalah inversi imbal hasil Treasury AS yang posisinya terbalik pada Jumat (1/4/2022). Sebab, suku bunga jangka pendek melonjak setelah rilis data pekerjaan di Amerika Serikat.

Kondisi tersebut, menurut Hendry, meningkatkan kekhawatiran atas potensi resesi di masa mendatang. “Inversi kurva imbal hasil secara historis terjadi menjelang resesi, meskipun banyak ekonom percaya bahwa kurva harus tetap terbalik untuk waktu yang cukup lama sebelum memberikan sinyal yang valid,” papar dia.

Baca juga
BMKG: Waspadai Hujan Disertai Petir di DKI Jakarta pada Minggu

Sementara dari dalam negeri, sentimen datang dari infrastruktur di mana pembangunan jalan tol Yogyakarta-Bawen dimulai.

Arah IHSG Selanjutnya

Secara teknikal, menurut Hendry, IHSG berada di zona netral. Black candle menunjukkan volume transaksi yang rendah sementara William%R-nya masih bertahan di area overbought. Resistance berada di 7.148 dan support 6.975.

Saham-saham dalam Pantauan

  1. Saham PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) yang berencana menerbitkan obligasi dan sukuk Rp1 triliun pekan depan.
  2. PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) yang pendapatannya tumbuh 12% menjadi Rp84,9 triliun pada tahun 2021.
  3. PT Mitrabara Adiperdana Tbk (MBAP) di mana Idemitsu Kosan menjual 30% sahamnya di MBAP.
Baca juga
Rusia-Ukraina Tegang, Kementerian ESDM Klaim Suplai BBM Nasional Aman

Lima Saham Tersaji sebagai Bahan Pertimbangan

Di atas semua itu, dia menyodorkan beberapa saham pilihan sebagai bahan pertimbangan para pemodal dalam transaksi saham hari ini. Saham-saham tersebut adalah:

  1. PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF) dengan rekomendais hold. White candle menunjukkan tren naik pada William%R-nya di zona netral dan golden cross pada Moving Average Convergence Divergence (MACD)-nya. Resistance berada di 6.200 dan support 5.925. Masuk di kisaran 5.925-5.950.
  2. PT Indika Energy Tbk (INDY) rekomendasi hold. White candle menunjukkan kenaikan volume transaksi dan tren naik pada William%R-nya di zona netral. Resistance berada di 2.550 dan support di 2.070. Masuk di kisaran 2.070-2.080.
  3. PT United Tractors Tbk (UNTR) rekomendasi speculative buy. White candle dengan kenaikan volume transaksi dan potensi uptrend pada William%R-nya di zona netral. Resistance berada di 27.750 dan support di 25.350. Masuk di kisaran 25.925-26.200.
  4. PT Krakatau Steel (Persero) Tbk (KRAS) dengan rekomendasi speculative buy. White candle menunujukkan kenaikan volume and peningkatan momentum pada histogramnya. Resistance berada di 386 dan support di 348. Masuk di kisaran 364-370.
  5. PT Adaro Energy Indonesia Tbk (ADRO), rekomendasi speculative buy. White candle menunjukkan kenaikan volume transaksi dan uptrend pada William%R-nya di zona netral. Resistance berada di 3.090 dan support di 2.610. Masuk di kisaran 2.810-2.860.
Baca juga
Emas Mengilap Terang, Risiko Inflasi Imbangi Kenaikan Dolar dan Obligasi AS

Disclaimer: Pelajari dengan teliti sebelum membeli atau menjual saham. Inilah.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan atau kerugian yang timbul. Keputusan investasi ada di tangan investor.

Tinggalkan Komentar