Lisa Blackpink Tersandung Isu Cultural Appropriation

Lisa Blackpink Tersandung Isu Cultural Appropriation - inilah.com

Wajah menawan Lisa Blackpink sedang sering wara-wiri. Ia memasang banyak sekali iklan dalam rangka mempromosikan Single terbarunya “Money”. Lisa dan manajemen tampaknya sadar kekuatan internet. Di Youtube, sejak diunggah video klipnya pada 23 September kemarin, ia masih menjadi trending nomor 1 yang sampai saat ini sudah ditonton hingga 54 Juta orang.

Namun Kabar kurang mengenakkan kini menghampiri Lisa Blackpink. Baru ini Lisa tengah dikecam akibat video klip terbarunya tersebut. Ia dinilai melakukan  Cultural Appropriation atau aprosiasi budaya yang dapat dinilai sebagai perampasan budaya.

Diketahui dalam video klip Money tersebut, Lisa Blackpink menggunakan gaya rambut kepang yang memiliki akar tradisi dan budaya kulit hitam seperti di Afrika. Karena hal inilah yang menyebutkan Lisa Blackpink dinilai telah melakukan perampasan budaya.

Baca juga  Ini Penyebab Banyak Siswa Tak Dapat Kuota Gratis

Dilansir dari Allkpop, gaya rambut kepang kotak Lisa Blackpink dalam video itu membuat penggemar kesal. Ia pun meminta maaf dalam acara fansign daring untuk album single pertamanya, Lalisa. 

Dalam pertemuan daring itu, seorang penggemarnya membacakan surat tentang perampasan budaya pada Lisa Blackpink dengan sopan. Tujuannya untuk mendidik Lisa terkait topik tersebut. 

Lisa pun mendengarkan dan memperpanjang durasi fansign menjadi enam menit dari 90 detik. 

“Aku tidak mengetahuinya, dan tidak punya maksud jelek. Kupikir gaya rambut itu sangat keren. Namun, sekarang aku merasa tidak enak. Aku benar-benar minta maaf bila ada yang tersinggung karenanya,” ujar Lisa.

Baca juga  Penting, Literasi Keuangan untuk Para Perempuan

Lisa mengaku hampir menangis memikirkan orang-orang yang merasa tersakiti padahal ia tak bermaksud demikian. Ia tak menyadari hal itu menyinggung. 

Lisa juga menyatakan bahwa lain kali dia akan lebih berhati-hati dan memeriksa ulang semuanya. Pada akhirnya, dia berterima kasih kepada penggemarnya atas pengakuannya.

Lisa Blackpink meluncurkan video musik Money pada 23 September 2021. Itu merupakan lagu keduanya dari album solo pertama, Lalisa.

Sebagai informasi, Cultural appropriation atau perampasan kebudayaan adalah istilah yang digunakan ketika seseorang mengadopsi atau menggunakan kebudayaan orang lain yang bukan dari etnis atau rasnya—tanpa permisi.

Tinggalkan Komentar