Sabtu, 02 Juli 2022
03 Dzul Hijjah 1443

Lokasinya Terpencil, Sandiaga Jadi Menteri Pertama Sambangi Rigis Jaya

Kamis, 30 Sep 2021 - 23:55 WIB
Lokasinya Terpencil, Sandiaga Jadi Menteri Pertama Sambangi Rigis Jaya - inilah.com

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno tercatat menjadi menteri pertama yang datang ke Desa Rigis Jaya, Lampung Barat. Letaknya agak jauh dari pusat kota. Saking jauhnya, ada yang menyebut desa ini tak ada di peta.

Kedatangan Menteri Sandi ini, bertajuk lawatan 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021. Kali ini, perjalanan Menteri Sandi penuh tantangan. Selain jauh, perjalanan menuju Desa Rigis Jaya berkelok-kelok.

Menariknya, sepanjang perjalanan banyak dijumpai banner bertuliskan ‘Sabar Mas Menteri, Sebentar Lagi Sampai’. Melihat banner itu, Menteri Sandi tersenyum.

Desa Wisata Rigis Jaya, terletak di Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Lampung Barat, Lampung. Dari Bandar Udara Internasional Radin Inten II, sejauh 183 kilometer (km), atau sekitar 3,5 hingga 4 jam.

Baca juga
Selandia Baru Siap Buka Kembali Perbatasan Lebih Awal dari Perkiraan

Lantaran lokasinya yang benar-benar terpencil, desa ini jarang dikunjungi pejabat daerah, apalagi pusat sekelas menteri. Ketika tersiar kabar akan kedatangan Menteri Sandiaga, warga desa pun menyambut gembira. Dalam sekejap, wajah desa dipermak menjadi semakin apik.

Informasi saja, sebagian besar warga Desa Rigis Jaya, hidup dari berkebun kopi. Jangan heran kalau jarak antar rumah penduduk, cukup jauh. Tentu saja, kehidupannya di sana, cukup akrab dengan alam pegunungan nan indah dan sejuk.

Antusiasme warga untuk menyambut Menteri Sandi, tak bisa dibendung. Mereka rela naik-turun gunung menuju pusat desa. Hanya untuk menyambut sang menteri. Ini bukti bahwa warga desa begitu merindukan kehadiran pemimpinnya.

Baca juga
Jelajah Desa Kole Sawangan Tana Toraja Miliki Rumah Adat Tertua yang Dibangun Tahun 1200

Tinggalkan Komentar