Selasa, 28 Juni 2022
28 Dzul Qa'dah 1443

Lolos Piala Dunia Tapi Masuk Grup Neraka, Nasib Kosta Rika

Rabu, 15 Jun 2022 - 12:32 WIB
Lolos Piala Dunia Tapi Masuk Grup Neraka, Nasib Kosta Rika
Kosta Rika memastikan diri lolos ke Piala Dunia Qatar 2022 usai mengalahkan Selandia Baru

Timnas Kosta Rika jadi tim terakhir yang melaju ke putaran final Piala Dunia 2022 Qatar November mendatang.

Lolos lewat jalur Playoff usai mengalahkan Selandia Baru dengan skor tpis 1-0, menjadi lengkap sudah 32 tim yang akan berpatisipasi di Piala Dunia.

Hasil ini menjadi yang ketiga secara berurutan Kosta Rika tampil di piala dunia. Atau yang keenam kalinya negara Amerika Tengah itu ikut piala dunia.

Bahkan wakil Concacaf ini pernah menorehkan prestasi tertinggi selama keikutsertaan di piala dunia, lolos ke perempat final edisi 2014 di Brasil.

Meski susah payah melewati jalur playoff untuk tampil di piala dunia, Kosta Rika sudah ditunggu negara-negara kuat di grup neraka pada fase grup.

Baca juga
Taliban Setuju Bandara Afghanistan Dikelola Uni Emirat Arab

Los Ticos akan tergabung di Grup E bersama Spanyol, Jerman dan Jepang. Dua juara dunia sekaligus raksasa eropa, sementara satu lagi merupakan raja sepak bola asia.

Secara ranking FIFA, Kosta Rika juga jadi yang paling bawah di antara tiga tim lain di Grup E. Tim asuhan Luis Fernando Suárez itu berada di ranking 31 dunia. Sementara Jepang di urutan 23 dunia, di atasnya ada Jerman ranking 12 dunia, serta Spanyol di peringkat 7 dunia.

Jerman dan Spanyol jadi dua kandidat kuat yang diprediksi akan merebut dua tiket lolos grup E ini.

Namun sepka bola lebih dari sekedar angka dan prediksi semata. Pertandingan selama 90 menit di lapanganlah yang akan menentukan pemenang laga.

Baca juga
Jerman Longgarkan Aturan Masuk Terkait COVID-19 Mulai 1 Juni

Kosta Rika sudah pernah berada di grup neraka, tidak diunggulkan, namun berhasil lolos penyisihan. Piala Dunia 2014 Brasil, Kosta Rika satu grup dengan tiga tim kuat lainnya, Uruguay, Inggris dan Italia.

Tak ada yang bertaruh Kosta Rika bakal lolos. Namun semua prediksi berhasil dibalikkan Bryan Ruiz dan kawan-kawan kala itu.

Setelah mengejutkan Uruguay 3-1 pada laga pertama, Kosta Rika menyakiti Italia di laga keduanya sekaligus memastikan Inggris pulang lebih awal.

Bryan Ruiz dan Keylor Navas masih akan jadi andalan Kosta Rika di Qatar nanti untuk bisa mengulangi memori manis piala dunia dua edisi sebelumnya. Buena suerte Kosta Rika!!

Tinggalkan Komentar