Longsor di Pasaman Barat Tutup Akses Menuju Simpang Empat

Img 20211111 Wa0029 - inilah.com
Foto Antara

Hujan yang mengguyur wilayah Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatra Barat mengakibatkan sejumlah daerah terendam banjir. Tak hanya itu hujan juga mengakibatkan longsor dan memutus akses menuju Simpang Empat pada Kamis (11/11/2021) dini hari.

Beberapa daerah yang terendam banjir di antaranya Jorong Tabek Sirah Nagari Talu, Jorong Benteng Nagari Talu, dan Jorong Paroman Nagari Sinuruik (Kecamatan Talamau). Sedangkan longsor terjadi di Jorong atau Kampung Halaban.

“Longsor masih menutupi jalan dan mengakibatkan arus transportasi terputus,” ujar Azhar, Plt Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pasaman Barat seperti dilansir Antara.

Hingga saat ini petugas gabungan dari BPBD setempat, TNI, Polri beserta petugas kecamatan dan masyarakat setempat masih melakukan pembersihan material longsor yang menutupi ruas jalan. Untuk sementara pengendara yang hendak menuju Simpang Empat dialihkan untuk melintasi jalur alternatif lain yakni jalan Tonang menuju Panti.

Baca juga  Warga Pesisir Sulteng Diimbau Waspadai Ancaman Sambaran Petir

Sementara itu warga yang rum,ah tinggalnya terendam banjir terpaksa mengungsi ke rumah kerabatnya yang terdekat karena banjir merendam pemukiman penduduk dengan ketinggian 100-150 sentimeter.

“Sekitar 40 rumah warga terendam banjir, 10 kepala keluarga mengungsi. Dan sekitar 50 kepala keluarga di Jorong Paroman Nagari Sinuruik terpaksa diungsikan untuk siaga bencana longsor, karena wilayah Talamau adalah perbukitan,” tambahnya.

Tinggalkan Komentar