Rabu, 01 Februari 2023
10 Rajab 1444

Luhut: Harga BBM Pasti Naik, Tunggu Keputusan Presiden

Sabtu, 03 Sep 2022 - 11:45 WIB
Penulis : Ajat M Fajar
Luhut
Pernyataan Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan soal OTT KPK menuai kontroversi di Jakarta, Selasa (20/12/2022). (Foto: Dok. Arsip)

Menko Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan memastikan jika harga bahan bakar atau BBM bersubsidi pasti akan naik. Namun kenaikan harga tersebut hanya tinggal keputusan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Saya nggak mau berkomentar, tapi pasti akan naik. Hanya kapan mau dinaikkan, saya kira tunggu saja nanti presiden, ” katanya di SMA Unggul Del di Toba, Sumatera Utara, Sabtu (3/9/2022).

Luhut mengakui kenaikan harga BBM subsidi ini akan mendapatkan banyak reaksi. Bahkan akan membuat masalah baru. Tapi dia yakin masalah itu tidak akan berlangsung lama dan masyarakat akan bisa menerimanya.

Baca juga
Bantalan Kenaikan BBM, Pemerintah Lupakan 115 Juta Menengah Rentan

“Ini menimbulkan masalah, yes. Sementara memang dalam periode waktu tertentu akan timbul rasa sakit. Tapi setelah beberapa bulan tidak akan lagi sama,” tutur Luhut.

Dia mengatakan, pemerintah tidak mempunyai pilihan lain atas harga BBM subsidi kecuali menaikkannya. Sebab pemerintah sudah melakukan penghitungan secara rinci terkait harga BBM ini.

Luhut menyebut saat ini anggaran yang sudah tersedot untuk subsidi sangat banyak, bahkan angkanya mencapai US$20 miliar. Dengan kondisi ini mustahil pemerintah menahan harga BBM seperti saat ini.

“Itu sudah kita hitung (menaikkan harga BBM) itu yg terbaik daripada tidak. Kapan? Lihat saja, kita nggak boleh subisdi kelamaan. Hampir US$ 20 miliar dolar lebih, itu kan sayang,” tutur Luhut.

Baca juga
Megawati Bicara Kenaikan Harga BBM, Sebut Kondisi Pemerintah Sulit

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengaku sudah mengantongi harga BBM hasil dari kalkulasi jajarannya. Jokowi saat ini hanya tinggal memutuskan dan mengumumkan harga baru BBM tersebut ke publik.

“Kemarin kan sudah saya jelaskan, kalkulasinya sudah disampaikan kepada saya, hitung-hitungannya sudah disampaikan kepada saya, tinggal ini kita putuskan,” ujar Jokodi di Lampung, seperti mengutip dari akun YouTube Sekretariat Presiden, Sabtu (3/9/2022).

Namun Jokowi masih enggan mengungkapkan kapan harga baru itu akan dia putuskan dan umumkan ke publik. Sebab saat Jokowi mendapatkan pertanyaan soal waktu kenaikan harga BBM, dia memilih bungkam.

Tinggalkan Komentar