Senin, 23 Mei 2022
22 Syawal 1443

Luhut Makin Kuat, Maruli Simanjuntak Berpotensi Jadi Panglima di Tahun 2024

Luhut Makin Kuat , Maruli Simanjuntak Berpotensi Jadi Panglima di Tahun 2024

Direktur Political and Public Policy Studies (P3S), Jerry Massie menilai bargaining politik Luhut Binsar Pandjaitan (LBP) dalam roda pemerintahan Presiden Joko Widodo makin kuat. Hal ini menyusul menantu LBP, yakni Mayjen TNI Maruli Simanjuntak resmi menjabat sebagai Pangkostrad.

Masih lanjut Jerry, walau pengangkatan Maruli tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Jabatan Nomor 66/I/2022 tanggal 21 Januari 2022 yang ditandatangani Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa. Namun, sulit pengangkatan menantu LBP menjadi Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat itu terlepas dari unsur politik.

“Pengangkatan ada politisnya. LBP itu kan tangan kanan Jokowi. Ketika LBP dorong menantunya jadi Pangkostrad tak mungkin presiden tolak,” kata Jerry kepada Inilah.com, Sabtu (22/1/2022).

Baca juga
Rusia Umumkan Kasus Perdana COVID-19 Varian Omicron

Menurut Jerry bukan hal yang tidak mungkin jika Mayjen TNI Maruli Simanjuntak bakal menjadi seorang Panglima TNI pada tahun 2024 nanti. Mengingat modal politiknya sangat kuat.

Pertama, sebagai menantu Menteri Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan yang juga disebut-sebut sebagai tangan kanan Presiden Jokowi. Kedua, Maruli pernah menjadi Komandan Paspampres yang membuatnya dekat dengan lingkaran Istana.

Apalagi teranyar sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat, yang tugasnya membina kesiapan operasional atas segenap jajaran komandonya dan menyelenggarakan operasi pertahanan tingkat strategis.

“Secara garis politik, kedepan bisa saja Maruli gantikan Jenderal Andika. Karena Andika kan enggak lama pensiun. Kecuali the next Jokowi, LBP sudah tidak jadi menteri maka sulit kalau mau jadi panglima TNI,” kata Jerry.

Baca juga
Empat Anggota Polisi Diserang Massa, Satu Perwira Pingsan

Jerry berujar, mudah saja membaca cara bagaimana pemerintahan Jokowi membangun kekuatan politik di republik ini. Termasuk dalam menentukan jabatan strategis di lingkungan TNI, karena mengedepankan unsur kedekatan.

Seperti halnya mengangkat Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI. Andika adalah menantu mantan Kepala BIN Hendropriyono, yang juga pendukung setia Jokowi selama dua periode.

“Apalagi DPR juga satu suara. Jadi mungkin Panglima jatahnya menantu Hendropriyono yang gerbongnya Jokowi. Sekarang Pangkostrad manantunya LBP orang Jokowi juga,” ucap Jerry.

Sebelum Penunjukan Maruli, Panglima TNI Bocorkan Pangkostrad Pangkat Mayjen

Sebelumnya ada beberapa nama ramai menjadi pembicaraan di publik setelah Panglima TNI memberikan bocoran Pangkostrad akan diisi oleh Mayor Jenderal (Mayjen).

Baca juga
Tak Lagi Gagah, Koboi Pondok Indah Diborgol dan Terancam Setahun Bui

Mulai dari Pangdam III/Siliwangi Mayjen Agus Subiyanto, Pangdam XI/Udayana Mayjen Maruli Simanjuntak, Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen I Nyoman Cantiasa hingga Pangdam Mulawarman Mayjen Teguh Pujo Rumekso. Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, kemudian menunjuk Mayjen TNI Maruli Simanjuntak menjadi Pangkostrad.

Mayjen Maruli merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) pada tahun 1992. Berpengalaman dalam Infanteri (Kopassus) dan Detasemen Tempur Cakra. Pernah menjabat Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danspaspampres) pada tahun 2018-2020. Jabatan terakhir jenderal bintang tiga ini adalah Pangdam IX/Udayana.

Tinggalkan Komentar