Lunasi Janji, Gubernur Anies Bangun Stadion Ramah Lingkungan Termegah di Asia

Lunasi Janji, Gubernur Anies Bangun Stadion Ramah Lingkungan Termegah di Asia  - inilah.com

Lagi-lagi, Gubernur Anies Baswedan menunaikan janji politik saat Pilgub DKI 2019. Dibangunlah stadion megah bertaraf internasional.

Dikutip dari akun Instagram resmi Pemprov DKI Jakarta, Gubernur Anies tak pernah melupakan janji politiknya itu. Progres stadion Jakarta International Stadium (JIS) per 28 September 2021, telah mencapai 73,80 persen.

Rencananya, stadion sepak bola berkapasitas 82.000 penonton ini, menjadi kandang Persija Jakarta alias The Jacks Mania. Tak main-main, bangunan stadion berstandar internasional seperti digariskan FIFA.

Proyek JIS ini menelan biaya Rp4,4 triliun dan diproyeksikan rampung pada 2021. Dan, Pemprov DKI Jakarta mengusulkan pinjaman Rp3,646 triliun untuk menunjang pengerjaan proyek JIS tersebut. Anggaran itu bakal diserap dalam dua tahap yakni pada 2020 sebesar Rp1,182 triliun dan 2021 sebesar Rp2,464 triliun.

Baca juga  Tepati Janji, Gubernur Anies Bangun 3 Kampung Susun Korban Gusuran Ahok

Menariknya, bakal terpasang panel surya sebanyak 20 frame di kedua belah atap buka tutupnya. “Sumber energi yang ramah lingkungan ini memanfaatkan cahaya matahari yang diserap dan mampu menghemat sekitar 5,4 persen dari kebutuhan listrik untuk stadion utama,” dikutip dari akun @dkijakarta, Minggu (17/10/2021).

Tak hanya itu, panel surya juga akan dipasang di tiang penerangan jalan umum yang ada di kawasan JIS. Penggunaan panel surya sejalan dengan konsep pembangunan JIS yakni Green Building.

Naga-naganya, JIS adalah stadion pertama di Indonesia yang memperoleh sertifikat green building level platinum, yakni predikat bangunan yang ramah lingkungan level tertinggi. Kabarnya, stadion ini adalah yang terbesar di Asia yang tersambung dengan jalur kereta.

Baca juga  Kapolda Metro: Inilah.com Solusi untuk Masyarakat

Lantaran, stadion ini menggunakan rumput hybrid sesuai standar FIFA. Baik pada stadion utama, maupun dua Lapangan Latih JIS yang telah diresmikan pada 28 Desember 2020.

Komposisi dari rumput hybrid ini, 5 persen adalah rumput sintetis berjenis Limonta dan 95 persen rumput alami dengan jenis Zoysia Matrella yang di datangkan langsung dari Boyolali, Jawa Tengah.  Untuk perawatan rumput alami berjenis Zoysia Matrella tidak menggunakan pestisida, melainkan burung kaki bayam.

Tinggalkan Komentar